‌Mengenal Faktor Penyebab dan Cara Pencegahan Stunting

Laporan: Admin author photo
BENER MERIAH – Seketaris daerah (Sekda) Kabupaten Bener Meriah Drs Haili Yoga MSi mulai turun langsung ke kampung untuk melakukan sosialisasi tentang cara pencegahan stunting, sementara data dari Depkes 2018 menuliskan status Gizi (PSG) menunjukan prevalensi Balita Stunting di Indonesia masih tinggi. Yakni 29,6% di atas batasan yang di tetapkan WHO ( 20%).

Untuk itu Sekda Kabupaten Bener meriah mengupayakan sosialisasi kepada masyarakat yang ada di bener meriah khusus nya untuk menekan angka tersebut agar masyarakat yang ada di bener meriah terbebas dari Stunting.

Penyebab Stunting itu sebagian dari masyarakat belum memahami hal ini di karenakan rendah nya akses terhadap makanan bergizi. rendahnya asupan vitamin dan buruknya keragaman pangan dan sumber protein hewani.

Sekda kabupaten Bener Meriah berkunjung di Kantor Reje Kampung Ujung Gele Kecamatan Bikit, Haili Yoga membuka acara sosialisasi stunting yang dihadiri, oleh ketua TP-PKK Kabupaten Bener Meriah Ny Nikmah Sarkawi berserta jajarannya, Reje Kampung Ujung Gele, Reje Kampung Delung Tue, dan reje Kampung Kenawat serta masyarakat sekitar. Jum’at ( 24/1/2020).

Haili Yoga memberikan sosialisasi dihadapan para peserta stunting agar masyarakat yang ada di dataran tinggi itu bisa memahami serta menyampaikan, pencegahan stunting sudah dimulai sejak zaman Rasulullah, kendati dulu namanya bukan stunting. Dimana Rasulullah dulu telah mengajarkan tentang hidup sehat dan bersih Seperti yang tercantum dalam hadist “kebersihan itu sebahagian dari iman”

Menurut Sekda Bener Meriah itu, program penurunan stunting merupakan program nasional yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo.

“Acara tersebut untuk memberi pemahaman kepada masyarakat dalam kesempatan tersebut, Sekda turut menghimbau kepada  warga Kampung yang ada di Ujung Gele dan seluruh warga di Kabupaten Bener Meriah untuk melaksanakan gotong royong setiap hari Jum’at. agar masyarakat dan ibu hamil di masa kehamilannya bisa menjaga pertumbuhan terhadap otak anak.(Zal)
Share:
Komentar

Berita Terkini