PP KORI Aceh Sosialisasi Penanganan Cedera dan Bantuan Hidup Dasar (BHD) di Dayah Inshafudin

Laporan: Admin author photo


Banda Aceh | Puluhan santri Dayah terpadu Inshafuddin Banda Aceh turut serta dalam kegiatan sosialisasi penanganan cedera sederhana dalam olahraga dan pemberian Bantuan Hidup Dasar (BHD) yang diadakan oleh Perhimpunan Pembina Kesehatan Olahraga (PP KORI) Aceh pada minggu 12/01/2020.

Ketua Umum PP KORI Aceh dr. Teuku Ona Arief yang bertindak sebagai Instruktur mengatakan kegiatan tersebut meliputi tata cara penanganan cedera sederhana dalam olahraga dan pemberian BHD.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para santri, sebagaimana kita ketahui kegiatan olahraga di dayah merupakan kegiatan favorit yang dilakukan para santri saat bebas dari jam pengajian dan belajar mengajar. Jadi dengan mereka mengikuti kegiatan ini mereka sudah punya ilmu pengetahuan untuk menanggani cedera jika nantinya mereka mendapat trauma saat sedang berolahraga", ujar pria yang akrab disapa dr. O

Menurutnya, mengenai pemberian BHD, kegiatan ini juga sangat penting karena banyak dijumpai kejadian mendadak, seperti kasus orang pingsan, orang dengan henti jantung dan cedera lain yang dapat mengancam nyawa.

Kemudian dr O juga menambahkan untuk kedepan pihaknya akan mensosialisasikan kegiatan ke berbagai elemen masyarakat agar seluruh masyarakat dapat mengetahui tata cara penangganan cedera olahraga dan mampu dalam melakukan tindakan BHD.

Ditemui di komplek Pesantren Inshafuddin Banda Aceh sebagai pengasuh ustad Khairizal kepada media mengatakan sangat mengapresiasi hadirnya pengurus PP KORI.

"Seperti kita ketahui kondisi alam di Aceh sangat rawan akan bencana maka perlu dibekali dengan pemahaman bantuan hidup dasar termasuk kepada peserta didik yang ada di pesantren kami", ujar ustad Khairizal. (Ayu)
Share:
Komentar

Berita Terkini