Ronny Desak Bupati Rocky Selamatkan Sawah Rakyat dari Krisis Kekeringan dan Gagal Panen

Laporan: Admin author photo

Banda Aceh | Aktivis Front Anti Kejahatan Sosial ( FAKSI) Aceh, Ronny Hariyanto, mendesak Bupati Aceh Timur, H. Hasballah M.Thaib, SH, mengupayakan solusi bagi puluhan hektar persawahan milik warga yang mengalami krisis kekeringan dan terancam gagal panen di Aceh Timur.

"Banyak sawah warga di sejumlah desa mengalami kekeringan,  tanah retak dan daun tanaman padinya mulai menguning sebelum waktunya, jadi kita minta bupati upayakan solusi secepatnya," kata Ronny 17 Januari 2020.

Ronny berharap pemerintah tidak lalai dan membiarkan kondisi itu terus terjadi, hingga petani mengalami kerugian total akibat gagal panen tersebut.

"Ya, saya memang tidak paham pertanian, tapi saya yakin ini ada solusinya, mungkin pemerintah bisa lakukan banyak hal dengan segera untuk pengairan, agar tanaman padi masyarakat bisa diselamatkan," ungkap aktivis HAM itu.

Menurut Ronny, penanganan krisis tersebut merupakan tanggungjawab pemerintah, dalam hal ini dinas pertanian, untuk melakukan berbagai upaya penyelamatan.

"Ini tanggungjawab pemerintah, jadi jangan dibiarkan begitu saja, dinas pertanian jangan lalai, dan harusnya turun tangan, meskipun tidak bisa diselamatkan semua, setidaknya sebagian, kalau sempat gagal semua, rakyat mau makan apa," sebut Ronny.

Ronny berharap Bupati Rocky segera mengerahkan jajarannya untuk mengupayakan solusi mengatasi krisis tersebut.

"Bupati pasti bisa mengerahkan jajarannya, dinas pertanian harus bisa pikirkan solusinya, bahkan kalau perlu armada pemadam kebakaran, manfaatkan air sungai dan sebagainya untuk menyelamatkan atau solusi lain seperti sumur bor darurat," pungkas Ronny menutup keterangannya. (Red)
Share:
Komentar

Berita Terkini