Evak 1 PDP ke Zainoel Abidin, Ambulance Abdya Tergelincir di Ajay

Laporan: Heri Purwanto author photo


Abdya- Satu unit Mobil ambulance milik RSUD Aceh Barat Daya (Abdya) yang tengah mengevakuasi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) corona ke Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh, dikabarkan mengalami kecelakaan tunggal di wilayah Aceh Jaya (Ajay), Sabtu (25/4/2020).

Sumber yang berhasil dihimpun menyebutkan mobil ambulance bertolak dari rumah PDP, AS (IRT/42) di Kecamatan Manggeng, Abdya sekitar pukul 11.30 WIB.

Dalam mobil itu AS didampingi 2 orang tenaga medis dengan APD lengkap, yakni 1 orang sopir dan 1 pendamping. Pemberangkatan AS ke RSUZA yang konon kedua kalinya itu disaksikan Ratusan warga setempat dan didukung para Pejabat dalam kabupaten.

Dalam perjalanan menuju Banda Aceh tepatnya di jalan Calang KM 74 Desa lamtui Kecamatan Jaya, Ajay sekira pukul 15.30 WIB mobil ambulance bernopol BL 9071 C yang ditumpangi AS mengalami kempes ban di bagian belakang dan mengakibatkan oleng keluar jalur.

Dikonfirmasi acehpress Kadinkes Abdya Safliati membenarkan kejadian itu. Ia menyebutkan akibat Laka Tunggal tersebut petugas sopir ambulance dan pendamping mengalami luka ringan.

"Saat dikabari kita langsung koordinasi dengan rekan yang di Aceh Jaya sana. Alhamdulillah semuanya langsung difasilitasi. Evakuasi PDP pun kembali dilanjutkan, pakai ambulance Aceh Jaya," singkatnya.

Sebagai informasi, sebelumnya AS pada Rabu (8/4) lalu dinyatakan positif corona berdasarkan hasil rapid test RSUD Teuku Peukan Abdya. Saat itu AS tengah sakit Ispa dan baru dirujuk dari Puskesmas Manggeng.

Tidak lama kemudian AS dirujuk ke RSUZA dan menjalani perawatan medis kurang lebih selama 10 hari. Lalu pada Sabtu (18/4) AS diijinkan pulang oleh RSUZA, lantaran hasil swab Balitbangkes RI menyatakan AS negatif corona. Namun Sepekan kemudian, Jumat (25/4) kemarin AS terpaksa harus kembali ke RSUZA, lantaran laporan terbaru dari Balitbangkes Aceh menyatakan bahwa AS positif terpapar virus corona.
Share:
Komentar

Berita Terkini