Sosok Tenaga Medis Tangse yang Disukai Masyarakat

Laporan: Admin author photo
SIGLI - Seorang Ibu Rumah Tangga bagi seorang suami dan  tiga putra putrinya, tetap eksis sebagai petugas kesehatan dalam Gampong(desa) di kawasan pegunungan  Tangse, Pidie Aceh, tak menjadi beban baginya untuk membantu masyarakat yang butuh kesehatan secara prima.

Perempuan itu sebut saja, Nurul Ulfa, kelahiran Sigli 26 Februari 1993,memulai meniti karirnya sejak 2013 Ia ditempatkan di desa Lutung Kecamatan Geumpang, Pidie, setahun di kecamatan tersebut Ulfa dimutasi ke Puskesmas  Kecamatan Pidie tepatnya sebagai tenaga medis di Gampong Lampeudeu Baroeh.

Tidak lama berbaur dengan masyarakat disana, Ulfa mendapat perintah tugas oleh  Kadis, dr Fajriman(saat itu) ke kecamatan Mane, kecamatan Mekar dari Kecamatan Geumpang, di sini Ulfa sebagai ujung tombak membantu Puskesmas Mane, atas inisiatifnya dan usaha yang diperkenankan Ulfa berhasil membuka Pustu Baru Di Dusun Alue Landong.Ia menjabat sebagai Bikor(bidan Koordinasi) Puskesmas, yang ditunjuk oleh Kepala Puskesmas Mane, dr.Sri Rezeki Amk SH. 

Tugas mutasi Ulfa belum selesai, awal Januari 2020, ulfa  mendapat tugas baru , Ia ditugaskan oleh Pejabat Kesehatan Pidie sebagai Bidan desa, Gampong Lhok Keutapang, Tangse untuk melayani kesehatan masyarakat seoptimal mungkin.

 Bagi seorang Ulfa sang Aumni D-III Kebidanan Stikes Medikal Nurul Islam Sigli Tahun 2013 ini komit memberikan pelayanan kepada masyarakat, dalam rangka membantu/mengurangi angka kematian  ibu dan bayi, yang merupakan tugas pokok disamping tugas kesehatan secara umum lainnya.

Pengalamannya selama kurun waktu 7 tahun dalam bidang medis ini, menjadi tolok ukur dalam mendapatkan infut masyarakat luas, betapa tidak bagi Ulfa  pelayanannya sangat menentukan bagi seseorang, karena dengan sehat seorang warga dapat beribadat dan mencari nafkah untuk keluarganya.

Bidan yang murah senyum ini, juga berpesan agar Pemerintah mendukung alat kesehatan(alkes) seperti oksigen, karena ini alat utama jika terdapat kendala pada bayi baru lahir yang terganggu nafas, ini menjadi pertolongan pertama pada  bayi.

Terkait kasus Virus Corona (Covid-19), ulfa menyebutkan kami masih butuh sejumlah masker dan sarung tangan, kata Ulfa yang sebentar lagi bercita-cita membuka Persalinn Gratis  Bersyarat untuk warga setempat.
Selamat Ulfa,mudah-mudahan tugas muliamu menjadi ibadah dan kesejahteraan bagi Masyarakat Lhok Ketapang Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie. 

Penulis: Hasballah Basyah

Share:
Komentar

Berita Terkini