Asel Dolima Bagikan 1000 Masker Gratis Untuk Warga

Laporan: Admin author photo

ACEH SELATAN - Aceh Selatan Peduli Sosial Keagamaan (Asel Dolima) turut andil untuk turun ke jalan selama 2 hari. Aksi ini dilaksanakan pada hari rabu dan kamis dalam rangka berpartisipasi dan berkontribusi demi mencegah dan memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 melalui pembagian 1000 masker untuk Masyarakat Aceh Selatan di Bulan Suci Ramadhan, Kamis (7/5/2020) sore.

Kegiatan ini diinisiasi oleh 4 (empat) elemen gugus peduli sosial dan keagamaan, yaitu Dewan Pengurus Pusat Forum Ukhuwah Aceh Selatan (DPP FUAS), Ikatan Mahasiswa Aceh Selatan (IMAS Lhokseumawe), Masyarakat Relawan Indonesia (MRI Chapter Tapaktuan) dan rumah jahit Kreatif Khimarta Nomut (KKN).

Riri Isthafa Najmi selaku Koordinator Lapangan (Korlap) mengatakan, kegiatan sosial ini adalah ikhtiar dan partisipasi bersama para sukarelawan peduli sosial dan keagamaan yang bertujuan untuk membantu Masyarakat Aceh Selatan dan ikut serta dalam upaya membantu pemerintah setempat mencegah wabah dan pandemi Covid-19 yang bertambah luas dan mengganas.

Di awal Mei tahun 2020 ini, Pejuang Masker Aceh Selatan mengajak para aktivis, relawan, dan donatur peduli sosial untuk mendistribusikan 1000 masker kepada seluruh masyarakat Aceh Selatan.

Pembagian 1000 masker kali ini telah difokuskan pada 3 (tiga) titik target distribusi yaitu Masjid, Pasar, dan Puskesmas. Aksi ini dilancarkan di sepanjang jalan nasional Aceh Selatan dari Labuhan Haji hingga ke Trumon.

"Alhamdulillah, distribusi dan target pembagian 1000 masker juga sangat merata. Ada 4 (empat) titik zona target yang telah kita bagikan melalui relawan yaitu Labuhan Haji hingga Sawang (300 masker), Samadua dan Tapaktuan (200 masker), Kluet Raya (300 masker), dan Bakongan hingga Trumon (200 masker). Kita distribusikan tergantung kebutuhan masyarakat setempat," imbuh Riri. 

Dalam hal ini, ungkap Riri, Meskipun distribusi kita belum cukup merata dan dapat dibagikan kepada seluruh Masyarakat Aceh Selatan. Tapi ikhtiar dan partisipasi kita untuk membantu sesama tetap masih ada. Pembagian masker kain juga menjadi solusi yang tepat untuk dibagikan di tengah pandemi virus Corona yang sedang merebak dan mengkhawatirkan ini.

"Kita terus berupaya berbagi masker kain untuk seluruh masyarakat karena hal tersebut merupakan ikhtiar kita bersama mengingat sebaran Covid-19 semakin meluas. Sementara masih banyak warga kita yang belum memiliki masker kain," ujar Riri Isthafa.

"Kita juga selalu membiasakan diri dan mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap menjaga jarak, menggunakan masker, menjaga kesehatan/kebugaran tubuh, dan selalu mencuci tangan dengan bersih," katanya.

Dengan mengutip pada Al-quran Surat Al Maidah Ayat 2, Riri menyebutkan bahwa semua pihak harus saling bahu membahu dan saling tolong menolong dalam kebaikan. Terutama dalam memberantas dan memotong alur mata rantai Covid-19.

“Kita tidak bisa diam saja dan berpangku tangan menghadapi Covid-19. Dalam surah Al Maidah ayat 2, dikatakan bahwa, semua pihak harus saling bersinergi dan tolong menolong dalam berbuat kebaikan,” ungkapnya.

Kemudian upaya yang telah dilakukan juga dimanfaatkan untuk menyosialisasikan pentingnya menjaga diri dari penularan wabah tersebut.

Berbagi itu akan terus digalakkan dengan kegiatan serupa untuk membantu sesama. Harapannya akan ada ribuan sukarelawan lain yang ikut peduli dan empati dengan setiap keadaan tersulit apa pun dan bagaimana pun seperti saat ini.

“Mudah-mudahan akan ada lebih banyak lagi sukarelawan yang bisa ikut serta dalam kegiatan peduli sosial dan keagamaan seperti ini di Aceh Selatan setiap bulan. Juga memberi kesadaran warga untuk ikut menjaga diri demi memutus mata rantai Covid-19,” tutupnya

Riri Isthafa Najmi bersama rekan-rekan dan relawan kolaborasi peduli sosial terus berupaya menggalakkan hidup bersih, cuci tangan, dan gerakan wajib pakai masker. Kesadaran dalam memakai masker di tengah wabah yang sudah menjadi pandemi di seluruh pelosok negeri harus terus disosialisasikan dan digalakkan untuk memutuskan mata rantai pandemi Covid-19.

“Tidak jarang kita temukan orang-orang yang masih belum mengenakannya saat ke luar rumah dan tatkala berada di kerumunan. Jadi, tugas dan peran kita bersama untuk membantu mereka. Salah satunya dengan memberikan masker pada warga, ” ujar pria yang berasal dari Sawang, Aceh Selatan tersebut.

Kegiatan berbagi donasi masker ini juga sengaja menyasar dan mengedukasi langsung masyarakat yang berjualan takjil untuk rajin memakai masker dan mencuci tangan pakai sabun. 

"Kesadaran diri sangat perlu untuk melawan virus berbahaya ini. Jaga diri dan cegah mata rantainya sejak dini," tegas Riri.

Bukan hanya memberi alat pelindung diri berupa masker. Melainkan juga turut mengedukasi dan melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat untuk terus menjaga diri dari kemungkinan tertular virus mematikan ini.

“Kita berbagi masker untuk mereka yang menggantungkan hidupnya di jalan. Seperti pedagang kali lima, nelayan, tukang parkir, petani, dan gugus pekerjaan lainnya. Kita tahu, mereka akan sulit untuk tetap tinggal di rumah dan melepas pekerjaan yang mereka tekuni." ungkap Riri prihatin.

Riri menambahkan, 1000 Masker yang dibagikan merupakan hasil kerajinan dari para relawan pengrajin yang ikut andil menjahit sebanyak 1000 helai lebih.

"Kita sangat mengapresiasi para pengrajin 1000 masker ini yang telah sigap membuat masker dan berbagi dengan masyarakat sekitar. Salah satunya rumah produksi jahit, Kreatif Khimarta Nomut (KKN). Mereka juga berasal dari Kluet Selatan, Aceh Selatan,” katanya.

Dia bersama sukarelawan yang lain, juga tak lupa menyampaikan terima kasih atas partisipasi dari seluruh donatur. 

"Terima kasih kepada para donatur yang sudah memberikan donasi berupa uang dan alat-alat pelindung diri seperti masker yang dibutuhkan masyarakat dalam menghadapi wabah pandemi ini," ucap Riri.

“Kita doakan, mudah-mudahan pandemi Covid 19 ini segera berakhir. Supaya kita semua bisa melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan dengan baik dan lancar," harap Riri putera Kluet Raya tersebut. (Moulidia)
Share:
Komentar

Berita Terkini