Ciptakan Ketahanan Pangan, Brimob Kelola Lahan Pertanian di Aceh

Laporan: Admin author photo
Dok. Pembersihan lahan

Bener Meriah - Aceh Tengah | Pangan merupakan penjamin kehidupan Banyak upaya dilakukan berbagai pihak guna mengantisipasi ketahanan pangan khususnya selama masa darurat pandemi covid-19. Dampak yang timbulkan sejak beberapa bulan lalu begitu lengkap hingga seluruh sendi kehidupan mengalami perubahan khususnya sisi perekonomian dan pangan. 

Komandan Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Aceh AKBP Ahmad Yani menyebutkan ketahanan pangan selama masa pandemi Covid perlu dikembangkan demi terciptanya ketahanan dan ketersediaan pangan secara mandiri. Rabu (2/6/2020).

Hal tersebut ditanggap langsung oleh Komandan Kompi 3 Batalyon B Pelopor Bener Meriah Iptu M. Yhsan S.A. dengan cara pemanfaatan lahan yang berada disekitar markas komando atau yang biasa disebut Mako.

Perekonomian dan ketersediaan pangan sekarang ini sangatlah berpengaruh dikarenakan adanya pembatasan aktivitas masyarakat di luar rumah selama pandemi Covid-19. Langkah ini pun dilakukan Pemerintah untuk memutus dan mencegah penyebaran Covid-19. 

Maka dengan kondisi seperti ini perlu kita dilakukan langkah-langkah yang nyata untuk menciptakan ketahanan dan ketersediaan pangan guna mengantisipasi dan cadangan pangan.

Iptu M. Yhsan menjelaskan lahan seluas lebih kurang 1 (satu) hektar dengan kondisi alam pegunungan bener meriah jenis tanaman yang cocok adalah tanaman ubi jalar, kentang dan singkong selain perawatannya mudah, masa panennya juga tidak terlalu lama.
 
Kita akan mengajak warga sekitar untuk bersama-sama memperluas dan menciptakan ketahanan pangan mandiri guna memenuhi kebutuhan sehari-hari dan untuk meningkatkan perekonomian warga.

"Ini merupakan langkah konkrit serta bentuk kontribusi Kompi Bener Meriah terhadap program Pemerintah dalam menciptakan ketahanan pangan untuk memenuhi kebutuhan keluarga hingga lingkup Dusun ataupun Desa", ungkap Iptu Yhsan.

Adapaun Pengelolaan lahan dan perawatan tanaman tersebut tetap dilakukan oleh personil Kompi Bener Meriah. tambah Yhsan.

Kami berharap, hasil panennya nanti tidak hanya dapat untuk memenuhi pangan keluarga asrama Brimob Bener Meriah saja. namun juga dapat memenuhi pangan untuk warga sekitar Kompi. Kita juga berupaya untuk memperluas lahan pertanian dan akan mencoba mengembangkan jenis tanaman lain yang cocok dengan kondisi alam disini, karena Upaya ini sudah kita rintis sejak beberapa waktu lalu". ucap Yhsan.

Ini merupakan wujud bhakti Brimob Aceh untuk masyarakat selama masa pandemi Covid-19 dalam menciptakan ketahanan pangan mandiri, tutup Danki. (*)
Share:
Komentar

Berita Terkini