Bupati & Wakil Bupati Pidie Jaya Meluncurkan Lhok Sandeng Sebagai Wisata Event Arung Jeuram

Laporan: Redaksi author photo
Acehpress.com, Meureudu| - Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya H. Aiyub bin Abbas dan H. Said Mulyadi, SE, M.Si bersama Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Pidie Jaya Saifuddin, M.PD dan Ketua PMI Pidie Jaya meluncurkan program wisata Event Arung Jeuram yang berada di Gampong Lhok Sandeng Kecamatan Meurah Dua Kabupaten Pidie Jaya. Pukul 14.15 Wib Minggu, 28 Juni 2020.

Event ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya melalui Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata dan Komunitas Pecinta Arung Jeram Pidie Jaya.
Lhok Sandeng sangat cocok dijadikan objek wisata, baik wisata alam maupun wisata arung jeram, karena air sungainya yang jernih dan keindahan pinggir sungai sangat tepat dijadikan objek wisata.
Bupati Pidie Jaya dalam jabarannya meminta pihak terkait tidak mengabaikan potensi wisata arung jeram di daerah itu untuk dapat dikembangkan menjadi daya tarik wisata unggulan. Dalam hal ini Bupati juga menyampaikan kegiatan yang kita lakukan hari ini adalah sebagai langkah awal untuk ikut mendorong pengembangan objek wisata arung jeram di daerah.

Menurutnya, aliran sungai di wilayah hutan Lhok Sandeng ini merupakan spot utama untuk pengembangan wisata arung jeram di daerah itu yang harus terus dibenahi dengan baik untuk dikenalkan ke dunia luar. Ini spot pertama arung jeram yang harus kita kenalkan kepada masyarakat luas hingga tingkat nasional ke depannya.

Pada peluncuran wisata spot jantung ini, Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya bersama para pecinta arung jeram ikut mencoba menjadi pengarung dengan start awal di sekitar jembatan gantung Lhok Sandeng sampai finish di kawasan irigasi dengan melewati tantangan luar biasa berupa arus sungai dengan struktur bebatuan yang cukup menantang.

Bupati juga sangat yakin jika pengembangan potensi wisata olahraga yang memacu adrernaline itu suatu saat nanti akan dapat membawa banyak kunjungan wisatawan ke daerahnya sehingga akan turut mendongkrak perekonomian masyarakatnya.

Bupati berharap kepada Keuchik dan masyarakat setempat agar lokasi wisata ini dapat dihidupkan dengan tetap memperhatikan nilai -nilai syariah. Maka dibutuhkan suatu peraturan atau qanun ditingkat gampong tentang tata cara pengelolaan, tata cara wisata dan sebagainya.

Selain itu lokasi wisata sungai ini juga harus selalu dijaga keasriannya misalnya memastikan agar lingkungan hutan tetap terjaga, memastikan kebersihan sungai dari berbagai kotoran dan lain lain.
Potensi yang luar biasa yang mungkin tidak ada di daerah lain khususnya potensi sungai, dimana sungai-sungai kita mempunyai aliran air yang jernih dan murni ditambah lagi dengan struktur sungai yang sangat cocok untuk event olah raga khususnya arung jeram.
Kita yakin wisata alam nan Islami ini akan mampu mendongkrak roda perekonomian rakyat. Jika ini berhasil otomatis Pemkab akan mendukungnya seperti meningkatkan sarana pendukung seperti perluasan jalan dan fasilitas lain.

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa kedepan kita akan lebih fokus lagi kepada potensi - potensi lain di daerah pegunungan kita karena memang masih banyak potensi yang dapat dikembangkan baik itu pertanian, perkebunan maupun wisata. (Hasballah B / Arbaini)
Share:
Komentar

Berita Terkini