Garuda Buka Layanan Pengiriman Barang Berbasis Digital

Laporan: Redaksi author photo
   (Ist)
JAKARTA, - Garuda Indonesia Group melalui lini usaha transportasi dan logistik, PT Aerojasa Cargo secara resmi meluncurkan layanan pengiriman barang berbasis digital yaitu  kirimAja. Dikutip dari kompas.com, Rabu (3/6/2020). 

Model bisnis pengiriman berbasis digital tersebut mirip dengan cucu usaha Garuda Indonesia yang sempat ramai dibicarakan dan ditutup oleh Kementerian BUMN pada akhir tahun lalu, yaitu PT Garuda TauBeres Indonesia. 
Garuda TauBeres merupakan salah satu dari enam cucu perusahaan Garuda Indonesia yang resmi ditutup pada April kemarin.

Setelah resmi ditutup, bisnis dan karyawan Garuda TauBeres dilebur ke perusahaan kargo Garuda Indonesia.

TauBeres ditertawakan Erick Thohir
Garuda TauBeres merupakan cucu usaha Garuda Indonesia yang keberadaannya sempat ramai dibicarakan pada akhir tahun 2019.
Menteri BUMN Erick Thohir mengaku kaget dan tidak dapat menahan tawa setelah mengetahui keberadaan perusahaan tersebut.

"Yang menarik, dan mohon maaf kalau saya menggelitik, ada cucu Garuda namanya PT Garuda Tauberes Indonesia, saya baru tahu," ujar Ercik.

Perusahaan tersebut ramai dibicarakan setelah diketahui mantan Direktur Utama Garuda Ari Ashkara banyak melakukan rangkap jabatan sebagai komisaris di jajaran anak hingga cucu usaha Garuda.

Tauberes merupakan perusahaan yang berfokus pada usaha digital di bidang logistik. Usahanya mencakup pengiriman paket dan jasa kargo pesawat.

Perusahaan ini baru dirilis pada 11 September 2019, dan diharapkan bisa meningkatkan bisnisnya seiring meningkatkan kebutuhan jasa pengiriman lewat e-commerce
.
Dukungan kargo udara pesawat Garuda dan Citilink jelas menjadi modal utama perusahaan ini bersaing dengan perusahaan jasa pengiriman paket yang sudah lebih dulu eksis.
Selain dua fitur kirim paket dan kargo udara, Tauberes juga menyediakan platform berbelanja online.

Untuk fitur ketiga ini, Garuda menggandeng e-commerce yang dirintis BUMN lainnya, yakni Blanja.com milik PT Telkom (Persero) dan Sarinah Online besutan PT Sarinah (Persero).

Layanan Kirim Aja yang tidak jauh berbeda
Tidak jauh berbeda dengan model bisnis Tau beres layanan KirimAja yang diluncurkan oleh Aerojasa Cargo juga akan memaksimalkan dukungan penerbangan Garuda dan Citilink.

Direktur Utama Garuda Indonesia  Irfan Setiaputra mengatakan, perkembangan pesat industri e-commerce serta munculnya tren baru pada era new normal, menjadikan sektor layanan logistik memiliki peran penting dalam menjembatani kebutuhan masyarakat akan layanan pengiriman barang.

"KirimAja kami harapkan dapat menjadi pilihan tersendiri bagi masyarakat maupun sektor UMKM yang membutuhkan layanan pengiriman barang secara online yang didukung oleh layanan kargo udara yang terpercaya, baik dari sisi akurasi waktu pengiriman, keamanan paket, hingga tarif yang kompetitif," tutur Irfan.

Layanan KirimAja turut didukung oleh business model berbasis komunitas atau community based yang diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat yang bergabung sebagai agen pengiriman melalui program Sohib KirimAja.

Selain itu, KirimAja memiliki layanan reservasi, booking management, real time tracking, tracing, pengecekan tarif pengiriman, hingga pembayaran yang dapat dilakukan dengan virtual account.

Saat ini KirimAja dapat melayani pengiriman barang umum, mulai dari produk fashion, barang elektronik, perlengkapan rumah tangga, makanan kering, hingga produk non-perishable lainnya.

"Ke depannya, KirimAja akan turut mengembangkan kapasitas layanan lainnya, khususnya untuk segmentasi pengiriman makanan dengan durasi pengiriman yang lebih singkat," ucap Irfan. 
Share:
Komentar

Berita Terkini