Geladi Posko I, Kodim Abdya Latih Kesiapan Penanganan Karhutla

Laporan: Heri Purwanto author photo


Acehpress.com, Abdya- Kodim 0110/Abdya menggelar Latihan Geladi Posko I untuk kesiapan menghadapi kemungkinan bencana Kebakaran Hutan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya, Kamis (25/6/2020).

Diketahui Latihan yang diagendakan selama 3 hari dari Rabu (24/6) - Jumat (26/6) ini dibuka oleh Danrem 012/TU Kolonel Inf Djon Afriandi, S.I.P., MS.DA. melalui Kasiops Rem 012/TU Letkol Inf Dimar Bahtera, S. Sos, M.A.P. Dalam pelaksanaannya latihan ini juga melibatkan komponen terkait dari Pemda setempat diantaranya Kepolisian, Dinkes, Satpol PP, BNPB, Tagana dan Orari.


Dandim 0110/Abdya Letkol Czi M Ridha Has, S.T., M.T.  dihubungi media mengatakan Latihan Geladi Posko ini mengangkat tema Kodim 0110/Abdya Melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemerintah Daerah di Wilayahnya Dalam Rangka Membantu Penanggulangan Bencana Alam Karhutla.

Latihan geladi Posko digelar untuk meningkatkan prosedur hubungan kerja antara komandan dan staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi bantuan kepada Pemda saat terjadi bencana.

Dandim menyebutkan, sebagian wilayah Abdya terdiri dari perkebunan dan berlahan gambut. Kondisi ini rentan terjadi Karhutla. Untuk itu kesiapan personel dan hubungan koordinasi dengan instansi terkait dalam upaya antisipasi dini perlu dijaga dan ditingkatkan.

"Penanganan suatu bencana akan berhasil bila ada koordinasi dan persamaan persepsi antara TNI dengan pihak terkait lainnya," ujarnya.

Dandim menandaskan keterlibatan TNI dalam penanggulangan bencana serta penanganan pengungsi adalah salah satu tugas dari TNI. Hal ini tercantum dalam doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi dan UU TNI Nomor 34 tahun 2004 yaitu melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Share:
Komentar

Berita Terkini