Baitul Mal Bireuen Telah Salurkan Zakat Melalui UPZ Kecamatan

Laporan: Redaksi author photo
BIREUEN - Badan Baitul Mal Kabupaten (BMK) Bireuen telah menyalurkan dana zakat kepada penerima hak miskin melalui 17 Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) kecamatan dalam beberapa hari terakhir.

Ketua BMK Bireuen Tgk Muhammad Hafiq, S.Sy, Senin, 27 Juli 2020 mengatakan dana zakat yang disalurkan melalui UPZ kecamatan kepada 214 orang miskin yang direkomendasikan oleh masing-masing UPZ kecamatan.

"Jumlah bantuan kepada 214 orang yang tersebar di 17 kecamatan itu masing-masing Rp1 juta. Penyaluran dilakukan petugas BMK kepada penerima dengan pengawasan dari para pimpinan BMK Bireuen," jelas Muhammad Hafiq.

Lima pimpinan BMK Bireuen Tgk Muhammad Hafiq, S.Sy, Iskandar A.Md, Tgk H Luthfi H Sofyan M.Sos.I, Tgk Abdullah Ahmad dan Murdeli SH berpencar ke kecamatan untuk melakukan monitoring.

Petugas BMK Bireuen membawakan daftar penerima. Para penerima diminta untuk menandatangani daftar yang disediakan. Sementara dana ditransfer langsung ke rekening penerima di Bank Aceh Syariah Bireuen.

"Penyaluran dana zakat kepada penerima melalui UPZ kecamatan sebagai bentuk kemitraan BMK Bireuen dengan kecamatan. Ke depan BMK Bireuen akan membentuk BMG di setiap Gampong," katanya.

Muhammad Hafiq yang turut didampingi Kepala Sekretariat BMK Bireuen Hamdani S.Ag mengajak kepada semua muslim baik pengusaha, pedagang emas dan orang yang memiliki kekayaan yang mencapai nisab zakat untuk menyalurkan zakat melalui Baitul Mal Kabupaten Bireuen.

"Syarat terpenuhinya nishab zakat atas harta dapat ditanyakan kepada para ulama, teungku teungku di Dayah dan balai pengajian dan imum meunasah di desa masing masing atau dapat ditanyakan ke petugas di BMK Bireuen," pesannya.

Jumlah yang disalurkan itu merupakan bagian dari Rp3,9 miliar penyaluran zakat dan infak Tahap I Tahun 2020 oleh Baitul Mal Bireuen kepada ribuan penerima terdiri dari fakir, miskin, miskin tunanetra, muallaf, beasiswa kepada siswa dan santri serta penerima lainnya.  (Iskandar)
Share:
Komentar

Berita Terkini