Bersepeda Di Belanda Dibayar Pemerintah

Laporan: Redaksi author photo

Amsterdam| - Belanda akan membayar warganya yang mau bersepeda hingga mengeluarkan anggaran triliunan.

Namun, tunjangan itu masih kurang dikenal manfaatnya dan tidak didukung oleh banyak pengusaha, menurut pemerintah. Pemerintah berharap akan ada yang berubah dengan mempromosikan skema yang lebih baik dan melibatkan lebih banyak perusahaan.

Pemerintah Belanda mengumumkan investasi USD 390 juta atau Rp 5,6 triliun untuk infrastruktur bagi para pesepeda. Ditargetkan lebih dari 200 ribu orang akan bepergian dengan sepeda dalam waktu tiga tahun.

Pada tahun 2016, lebih dari seperempat dari semua perjalanan yang dilakukan oleh penduduk Belanda menggunakan sepeda. Itu adalah data Institut Analisis Kebijakan Transportasi Belanda (Netherlands Institute for Transport Policy Analysis).

Pemerintah mendesak pengusaha untuk menyediakan fasilitas yang lebih baik untuk pengendara sepeda, seperti kamar mandi di kantor.


Sudah ada 11 perusahaan besar di Belanda yang berkomitmen untuk membiayai sepeda karyawan.

Salah satu jalan bebas hambatan bersepeda antara Amsterdam dan Amstelveen. Ada pula jalur di bagian utara negara yang terkenal universitasnya, yakni antara Groningen dengan Assen.

Lima belas rute akan dikembangkan menjadi jalan raya pengendara sepeda. Akan ada 25.000 tempat parkir sepeda dengan lebih dari 60 fasilitas penyimpanannya juga akan ditingkatkan, menurut Kementerian Infrastruktur dan Manajemen Air (Ministry of Infrastructure and Water Management).

Saat ini Belanda terkenal dengan budaya bersepedanya, namun pernah surut pada 1960-an sampai 70-an karena tergeser mobil. Namun, tidak sampai akhir 1980-an dan awal 90-an kebijakan memprioritaskan bersepeda kembali dilaksanakan.

Sekretaris negara untuk departemen itu memastikan bahwa orang dapat dengan mudah pergi bekerja atau sekolah, atau mengunjungi keluarga dan teman-teman," kata Stientje van Veldhoven,
Data mengungkapkan bahwa hanya 25% dari perjalanan itu yang berhubungan dengan pekerjaan, dibanding 37% lainnya untuk liburan. Sisanya, bersepeda dilakukan untuk sekolah, belanja, atau kegiatan lainnya.

Menurut van Veldhoven, lebih dari 50% orang di Belanda bertempat tinggal kurang dari 15 kilometer dari tempat kerja dan lebih dari setengah perjalanan komuter berada di bawah jarak 7,5 kilometer. Jarak yang tentunya mudah dijangkau dengan sepeda.(Redaksi)








Share:
Komentar

Berita Terkini