Masih Di Tengah Padrmi Covid 19 & Demi Tingkatkan Kethanan Pangan, Babinsa Bandar Baru Bantu Petani Panen Padi

Laporan: Redaksi author photo
Pidie Jaya| - Pandemi Covid-19 belum sepenuhnya hilang dari bumi Nusantara ini, akan tetapi tidak membuat semangat seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kecamatan Bandar Baru patah arang untuk terjun di tengah-tengah masyarakat binaanya.

Salah satunya anggota Koramil 11/Bandar Baru Kodim 0102/Pidie Kopda Wahyudi yang kesehariannya bertugas sebagai Babinsa, terjun langsung ke sawah membantu petani panen padi di Desa binaannya milik Kelompok Tani (Poktan) Dayah Tani yang di ketuai Helmin Harun dengan luas 40ha di Desa Dayah Nyong Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya, Senin (06/07/2020).

Danramil 11/Bandar Baru Kapten Czi Putut Arianto mengatakan “Tujuan dari kegiatan tersebut untuk memotivasi semangat para petani untuk meningkatkan produktivitas hasil panen dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan oleh pemerintah.TNI Angkatan Darat memerintahkan satuan jajaran Kodim terutama para Babinsa agar selalu terjun ke lapangan dan berkoordinasi dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dalam menjalankan tugas di lapangan sehingga dapat berjalan dengan lancar," jelas Danramil.

“Untuk mendukung program tersebut serta untuk mencapai target, Babinsa selalu memberikan pendampingan secara teori maupun praktek langsung agar program swasembada pangan dapat tercapai dan sukses, sedangkan alat yang di gunakan untuk memanen menggunakan mesin panen Brigade Handpangan yang di operasikan oleh Haeruddin beserta dua rekannya. Kegiatan ini juga menerapkan Protap Protocol Kesehatan Covid-19," tambah Danramil.

“Seorang Babinsa yang fungsi dan tugasnya melakukan pembinaan di Desa/Kelurahan sekaligus melakukan bimbingan terhadap kelompok tani, maka ia harus terjun aktif dalam memberikan pendampingan kepada kelompok tani, sehingga masyarakat petani betul betul merasakan manfaat dari kehadiran Babinsa ditengah tengah masyarakat, diharapkan kedepan Babinsa terus bersinergi dengan masyarakat dan kelompok tani agar pencapaian hasil panen terus meningkat”, tutupnya Danramil.
Share:
Komentar

Berita Terkini