Tgk. H. Sarkawi Serahkan Bantuan Program Ketahanan Pangan Untuk Kampung Kala Nempan Kecamatan Bandar

Laporan: Redaksi author photo

Redelong |-  Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi kembali menyerahkan bantuan terkait dengan Program Ketahanan Pangan Kabupaten Bener Meriah kali ini dilakukan untuk masyarakat Kampung Kala Nempan Kecamatan Bandar di Kantor Reje Kampung setempat, Rabu, 15/7/2020.

Bupati Tgk. H. Sarkawi dalam arahan dan bimbingannya menyampaikan, ini merupakan kegiatan mengqadha kealpaan kami di Kampung Muyang Kute Mangku beberapa waktu yang lalu kerena ketidak hadiran kami kala itu, ujar Bupati diawal kata sambutanya.

Lebih lanjut Bupati Tgk. H. Sarkawi menjelaskan, ini merupakan salah satu program yang sangat strategis secara nasional untuk saat ini, terimakasih kepada Pak Camat beserta Reje Kampung  atas kerja kerasnya dalam mengompakan seluruh warganya, tambahnya.

“Program Ketahanan Pangan ini, sebelum program ini ada beberapa program lainnya, khusus untuk Kampung Kala Nempan  PKH (16), BPNT (44), BST (1), BLT ( 28), Bantuan Provinsi (3), BCP ( 2), Baitul Mal (3), ini bersipat instan,” ujar Bupati.

Tegas Bupati, satu program ini sifatnya harus yang produktif, yaitu Program Ketahanan Pangan, karena bantuan yang lain sifatnya konsumtif, tapi yang ini dikasih pancingnya, dibeberapa tempat ada juga yang meminta ikannya, tapi saya bilang jangan semua dikasih ikannya, khusus yang ini kasih pancingnya karena sifatnya stimulus (dorongan), imbuh Bupati Tgk. H. Sarkawi.

“Beras padi Tungketni imen, Gadung kepile Pegerni Keben” biar kuat iman harus ada beras, kondisi – kondisi tertentu dimana ada gangguan ketahanan pangan ini harus ada makanan substitusi (pengganti) jika terjadi kondisi berat sudah ada alternatif yang lain, bupati menjelaskan.

Sambung Bupati, dalam situasi dan kondisi saat ini kita harus lebih aktif memberikan pemahaman kepada masyarakat, kita harus melakukan pola hidup yang lebih hemat, kebutuhan-kebutuhan yang kira – kira tida mendesak diabaikan dahulu, karena menurut prakiraan dibulan 8, 9 dan sepuluh mungkin sedikit agak sulit, terang Tgk. H. Sarkawi.

Program yang kita lakukan terkait dengan Ketahanan Pangan ini merupakan pintu gerbangnya saja, jadi peran dari para Penyuluh sangat diharapkan, karena pasar sudah terbuka secara global, dan direncanakan di Bandara Rembele juga akan di buka Karantina di Banadara Rembele, terang Tgk. H. Sarkawi.

Sementara Camat Bandar Rais Abidin, SH melaporkan, Untuk panyaluran BLT sudah 98%, untuk penyaluran tahap I, II dan III, sebelumnya kami juga mohon maaf karena program Ketahanan Pangan ini agak sedikit terlambat karena kita terlbih dahulu menunggu juknis yang baru, dandilanjutkan dengan tahap sosialisasi, jelas Rais Abidin.

Sebelumnya Reje Kampung Kala Nempan Sabri juga melaporkan terkait dengan batasan-batasan kampung, jumlah warga yang menerima masing-masing bantuan dan lainnya.

Ikuti dalam penyerhan bantuan ketahanan pangan tersebut, Wakil Ketua I DPRK Tgk. Husnul Ilmi, S.Sy, kadis DPMK drh. Sofiyan, Kadis Pertanian dan Pangan Ir. Abadi, Kabag Humas dan Protkol Wahidi, S.Pd. MM, Babinsa, Babinkamtibmas, Imam dan Mukim, para penyuluh, PLD , tokoh masyarakat serta warga setempat (SS) .
Share:
Komentar

Berita Terkini