Tingkatkan Swasembada Pangan, Babinsa Glumpang Baro Dampingi Petani Timun

Laporan: Redaksi author photo


Pidie - Sebagai seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) di wilayah, harus bisa menjadi teladan dan memotivasi warga di desa yang menjadi binaanya.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 25/Geulumpang Baro Kodim 0102/Pidie Kopda Dodi Syahputra melaksanakan pendampingan petani dalam perawatan tanaman timun milik Bapak M Nasir (45) seluas ¼ Ha di Desa Unoe Bungkok Kecamatan Gleumpang Baro Kabupaten Pidie, Senin (06/07/2020).

Babinsa Koramil 25/Glp Baro Kopda Dodi Syahputra menuturkan, membantu petani dalam merawat tanaman mentimun milik Bapak M Nasir, ini merupakan bagian dari upaya khusus (Upsus) satuan TNI mendukung program pemerintah yakni mewujudkan swasembada pangan.

“Upaya ini merupakan wujud keseriusan TNI dalam membantu pemerintah guna mewujudkan swasembada pangan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucap Babinsa.

“Mentimun merupakan salah satu jenis tanaman buah yang merambat, tanaman ini memiliki sulur yang berada pada ketiak daunnya yang berfungsi sebagai alat untuk merambatkan dirinya ke tiang-tiang penyangga, dalam membudidaya mentimun cukup gampang, dengan catatan keterampilan dalam melakukan perawatan tanaman harus dilakukan secara efektif, telaten, ulet, tekun dan penuh kesabaran,” ungkapnya.

“Cara merawat dan memelihara pohon mentimun cukup mudah, sebagian besar petani konvensional di daerah pedesaan, perawatan tanaman mentimun meliputi: penyiraman, pemupukan, pendangiran dan penyiangan, pemberantasan hama dan penyakit, serta berbagai macam perawatan tanah agar tetap memiliki kandungan air yang cukup,” jelasnya.

” Diharapkan dengan pendampingan ini tanaman timun milik Bapak M Nasir dapat berbuah lebat, sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga dan bisa menjadi motivasi untuk para petani mentimun lainnya untuk lebih giat lagi menghasilkan tanaman yang berkualitas sehingga dapat memenuhi kebutuhan keluarga,” tutup Babinsa,(Zoni Jamil).
Share:
Komentar

Berita Terkini