Pemkab Pijay Salur Zakat Rp.140 juta untuk Warga

Laporan: Admin author photo

 


MEUREUDU | Sebanyak 280 mustahik penerima zakat dalam kabupaten Pidie Jaya mendapat zakat yang disalurkan Pemerintah melalui Badan Baitul Mal Kabupaten(BMK) di Aula MPUKabupaten  Pidie Jaya, dihadiri Wakil Bupati dan Kepala serta sekretariat Baitulman serta para mustahik , Rabu (19/8).

Kepala Baitul Mal, Tgk Marzuki mengatakan, kegiatan penyaluran zakat ini merupakan kewajiban dan kegiatan rutin Baitul Mal setiap tahun, zakat yang kita salurkan ini  merupakan sumber dari Pegawai Negeri Sipil, kata Tgk Marzuki.

“ Selain PNS, pihak ketiga dan rekanan, seharusnya dari pedagang juga harus kita terima, namun hingga tahun ini berjalan dari para Pedagang dan Dinas vertikal belum menyerahkan zakat, padahal itu merupakan sumber zakat yang perlu diserahkan ke BMK,”ungkapnya.

“ Situasi Pandemi Corona, kita batasi kehadiran hanya 40 orang sebagai simbolis, dan selebihnya sesuai data yang ada, pihak BMK turun langsung ke Kecamatan untuk diserahkan ke Mustahik zakat lainnya,”terangnya.

Sementara Wakil Bupati Pidie Jaya, H. Said Mulyadi disapa Waled, turut memberikan apresiasi atas penyaluran zakat tersebut, zakat ini sumber dari ASN, rekanan dan pihak ketiga, selain fakir uzur pihak kita kedepana akan menyalurkan juga kepada santri yang lagi menuntut ilmu di Dayah/Pesantren dalam wilayah Pidie Jaya,”kata Waled.

Sekretariat MK Pijay, Tgk.Akrami merincikan, total zakat terkumpul capai Rp.140 juta, setiap mustahik menerima sebear Rp.500 ribu.Adapun  jumlah  mustahik zakat sebanyak 280 mustahik.Untuk kecamatan Bandar Baru(65), Pante Raja, (17), Tringgadeng(41), Meureudu(38), Meurah Dua(21), Ulim(28), Jangka Buya(21) dan Bandar Dua(49), rinci Akrami. (Hasballah.B)

Share:
Komentar

Berita Terkini