Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Sigli - Banda Aceh

Laporan: Admin author photo


BANDA ACEH |Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meresmikan pengoperasian jalan tol Trans Sumatera sepanjang 74.1 Km, ruas Sigli-Banda Aceh (tol Sibanceh) seksi 4 Blang Bintang Indrapuri, di Gerbang Tol Blang Bintang,Aceh Besar, Selasa (25/8).

Tepat pukul 10.30 WIB, Presiden Jokowi disambut Gubernur Aceh , Wali Nanggroe Aceh, Paduka Yang Mulia, Malik Mahmud Al-Haytar, Pangdam IM Mayjen TNI Hassanuddin, Ketua DPRA Dahlan Jamaluddin, dan Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada, M Phil menuju gerbang tol Blang Bintang.

Tidak seperti biasanya, suasana pandemi covid-19, para tamu sangat dibatasi dan setiap tamu undangan harus menunjukkan hasil swab dan dilakukan rapid test dipintu masuk serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

Presiden Jokowi dalam sambutannya antara lain mengatakan, proses pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol Sibanceh adalah tercepat di Indonesia.

“ Proses pembebasan lahan tol ini, sepanjang saya tahu lebih cepat, sepanjang 74,1 Km ini dari Banda Aceh Ke Sigli sudah capai 86 persen,”katanya.

Pembangunan tetap harus terus dijalankan karena posisi infrastuktur Indonesia masih jauh tertinggal dibanding Negara lain.

 “ Pembagunan infrastruktur akan memberi daya ungkit bagi pemulihan ekonomi nasional, selain itu, infrastruktur kita masih tertinggal yang berimbas pada biaya logistik kita menjadi lebih mahal, inilah yang menjadi daya saing kita menjadi tidak baik kalau dikompetisikan dengan Negara tetangga,” ujar Jokowi.

PT. Hutama Karya selaku pelaksana tol telah selesai proses pembangunan kontruksinya dan sudah terbit SK Menteri PUPR tentang Penetapan dan Pengoperasiannya, tol Sibanceh merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera(JTTS).

“Tol Sibanceh merupakan bagian dari proyek strategi nasional (PSN) yang dikerjakan oleh PT Hutama Karya selaku owner JTTS, ruas Sigli Banda Aceh berkolaborasi dengan PT Adhi Karya(Persero),”jelasnya.

Untuk diketahui, Tol Sibanceh terdiri dari 6 Seksi yaitu seksi 1. Padang tiji-Seulimum (25 km), seksi 2. Seulimum-Jantho (6 Km), seksi 3. Jantho-Indrapuri (16 km), Seksi 4. Indrapuri-Blang Bintang (14 km), seksi 5. Blang Bintang-Kuta Baro (8 km), Seksi 6. Kuta Baro-Baitussalam (5 km).

Jalan Tol dilengkapi 1 Gerbang Tol (GT) yaitu GT Indrapuri, 1 pasang tempat istirahat dan pelayanan (TIP) tipe A yang berada di KM 54, saat ini masih dalam tahap penyelesaian pembangunan.

Tol Sibanceh memiliki akses penghubung sebanyak 6 simpang susun, 7 gerbang tol dan 2 pasang atau 4 buah TIP, tol membentang sepanjang 74,1 kilometer ini mampu menampung volume kendaraan sebanyak kurang lebih  3000 kenderaan setiap hari,”terang Presiden Jokowi.

Pada kesempatan itu, Direktur Utama Hutama Karya, Budi Harto memaparkan panjang jalan tol, waktu tempuh perjalanan antar  dua kota  capai 2-3 jam,  menjadi 1 jam.

“ Peresmian tol hari ini tak lepas dari dukungan pemerintah dan masyarakat Aceh, pasalnya tak lama setelah perjanjian Pengusahaan Jalan Tol(PPJT) ditahun 2018 silam, proses pembebasan lahan minim kendala.Pembangunan tol terbilang cukup pesat,”jelas Budi Harto (Hasballah Basyah)

Share:
Komentar

Berita Terkini