Bupati Aceh Tengah Drs.Shabela Abubakar Resmi Buka TMMD Reguler ke-109

Laporan: Admin author photo


TAKENGON | Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar membuka upacara kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 tahun 2020 di Kampung Pantan Musara dan Wih Ilang Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah, TMMD yang dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, hanya saja upacara pembukaan tahun ini hanya pelaksanaannya berlangsung secara simbolis dan digelar secara sederhana ditandai dengan penandatanganan naskah perjanjian kerja TNI kepada Bupati Aceh Tengah di Gedung Oproom Setdakab Aceh Tengah, Selasa (22/09/2020). 


Pada sambutannya, Bupati Aceh Tengah menyampaikan hakekat pembangunan daerah adalah salah satu upaya mewujudkan komitmen moral TNI dan pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat secara terpadu serta berkesinambungan. 


“Salah satu bentuk sinergitas pembangunan di daerah adalah pelaksanaan TMMD yang pada tahun ini mengangkat tema "Pengabdian Untuk Negeri" merupakan wujud sinergitas dari seluruh pihak serta dengan tujuan utama agar kegiatan ini dapat berjalan sesuai harapan dan rencana” terangnya.


Ditambahkannya, sejumlah kegiatan dilaksanakan pada kegiatan TMMD ke-109, baik fisik maupun kegiatan non fisik. Tujuannya adalah melakukan percepatan dan merupakan upaya pemerataan pembangunan di wilayah pedesaan pada khususnya dan Kabupaten Aceh Tengah pada umumnya, sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat akan kebutuhan infrastruktur didalamnya.


“Karena sasaran dari TMMD adalah upaya membuka suatu wilayah dari keterisolasian. Sehingga mereka mampu meningkatkan kesejahteraan, dengan melaksanakan pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat” imbuhnya.


Meski berada di tengah pandemi Covid-19, ia berharap agar kegiatan TMMD bisa tetap berjalan sesuai rencana. Ia pun mengingatkan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan, selalu mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. 


“Atas nama pemerintah kabupaten Aceh Tengah, saya merasa bersyukur karena TMMD bisa tetap dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19. Kita harus selalu melaksanakan protokol kesehatan yang ketat dengan 3M, yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker serta menjaga jarak aman” tandasnya.


Sementara itu, Dandim 0106 Letkol Inf. Teddy sofyan, S.Sos selaku Dansatgas TMMD menjelaskan, TMMD ke-109 di Kampung Pantan Musara dan Wih Ilang Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah, ditargetkan pelaksanaannya hingga 1 bulan ke depan, terhitung sejak tanggal 22 September sampai dengan 21 Oktober 2020. Kegiatan dilaksanakan dengan melibatkan sekitar seratus lima puluhan personel TNI serta pendukung lain dari unsur Pemerintah Daerah, Keluarga Besar TNI (KBT) serta masyarakat setempat. 


“Sesuai arahan Bapak Bupati, kami libatkan seluruh unsur pihak terkait sebagai bentuk sinergitas. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, sesuai rencana yang telah ditetapkan” jelasnya ditemui usai kegiatan berlangsung.


Lebih rinci, kegiatan fisik yang dilaksanakan diantaranya adalah pembukaan dan rehabilitasi jalan sepanjang 4.200 meter dan lebar 6,5 meter, pemasangan gorong-gorong sebanyak 4 titik dan pembangunan jembatan sepanjang 10 meter di satu titik.


Sementara kegiatan nonfisik diisi dengan penyuluhan dan sosialisasi wawasan kebangsaan, pelayanan KB kesehatan, hukum, bahaya narkoba dan peningkatan pemahaman terkait bahaya terorisme dan paham radikal. 


“Semoga dapat membangun kemandirian masyarakat, khususnya di kampung Wih Ilang kecamatan Pegasing. Sehingga kesejahteraan masyarakat juga akan turut terangkat melalui kegitan TMMD ini” pungkasnya.


Dalam kesempatan tersebut turut hadir para unsur Pimpinan Daerah, Kapolres Aceh Tengah AKBP. Mahmun Hary Sandy Sinurat, perwakilan Pengadilan Negeri Takengon, Kejaksaan Negeri Aceh Tengah, Komandan Batalyon Infanteri Raider Khusus 114/Satria Musara Mayor Inf. Putra Negara, S.T, Han, Plt. Sekda Aceh Tengah Arslan Abd Wahab, para Asisten pada Setdakab Aceh Tengah, Kepala OPD terkait, para Camat dan para Danramil dijajaran Kodim 0106 Aceh Tengah. 


Selanjutnya selepas membuka secara resmi kegiatan pembukaan TMMD ke-109 tersebut, Bupati Aceh Tengah berserta rombongan meninjau langsung sejumlah titik lokasi kegiatan, di Kampung Pantan Musara Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah. (Sumarsono).

Share:
Komentar

Berita Terkini