Kodim Abdya dan Gugus Tugas Covid-19 Gelar Briefing, Ini Hasilnya

Laporan: Heri Purwanto author photo


Acehpress - Abdya |  Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo melalui Pasi Intel Kapten Inf Fajar Setyawan meminta kepada pihak RS Teuku Pekan agar senantiasa mengkoordinasikan semua pihak bila terjadi hal yang menonjol dalam penanganan Covid-19.

Hal ini disampaikan Pasi Intel mewakili Dandim saat Briefing bersama tim Satgas Covid-19 kabupaten dalam rangka menindak lanjuti hasil Rakor Forkopimda terkait penanganan covid-19 pada Jumat (4/9) lalu.

Briefing tersebut turut dihadiri Kabag Ops Polres Abdya AKP Haryono, Kadinkes Abdya Safliati, S.ST, MKes, Kepala BPBK Amiruddin, Kepala RSUTP dr. Ismail Muhammad serta sejumlah personel Staf dari jajaran terkait. Briefing digelar dengan mempedomani protokol kesehatan, di salah satu cafe kawasan Blangpidie, Minggu (6/9/2020).

"Ketika ada hal-hal menonjol yang terjadi di RSUTP tentang pasien Covid-19 tolong segera koordinasikan kepada kami. Kami jajaran Kodim bersama Polres dan Satpol PP kapan saja siap membantu mengamankan," ujar Kapten Inf Fajar Setyawan.

Lanjutnya, koordinasi sangat penting dilakukan guna menghindari kesalah pahaman terutama dengan pihak keluarga pasien covid-19.

Untuk menghindari adanya klaster baru, pasien positif corona harus menjalani isolasi di ruangan yang telah disiapkan. Dengan artian tidak ada lagi toleran pasien melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Isolasi mandiri di rumah itu tidak menjamin. Bisa saja tanpa sepengetahuan dari kita pasien itu keluar rumah dan bepergian. Ini dikhawatirkan akan menjadi klaster baru," jelasnya.

Lanjut Kapten Inf Fajar, sesuai dengan hasil Rakor Forkopimda pada Jumat (4/9) kemarin, bila terjadi kasus meninggal dari pasien corona maka diwajibkan pemakamannya harus sesuai dengan protap penanganan jenazah covid-19. Dalam prosesi pemakaman Dinkes wajib melibatkan personel gabungan TNI Polri dan Satpol PP.

"Ini sangat riskan. Maka dari itu peran dari pada para Kades sangat dominan, bagaimana mengarahkan masyarakat bila ada warganya meninggal dunia karena covid-19. Sosialisasi ini harus segera dibuat dan langsung kita aksikan," tandas Kapten Inf Fajar.

Sebagai informasi, pandemi corona terus mewabah di seluruh tanah air, tidak terkecuali Aceh, khususnya Aceh Barat Daya. Mulai dari awal pandemi hingga sekarang Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Abdya terus bersinergi dengan TNI Polri melakukan sejumlah langkah dan upaya guna menekan penyebaran covid-19.

Share:
Komentar

Berita Terkini