Plt. Sekda Pidie Jaya Pimpin Operasi Yusdisia Penertiban Protokol Kesehatan di Kota Meureudu

Laporan: Admin author photo


PIDIE JAYA | Plt. Sekda Pidie Jaya Ir. Jailani memimpin langsung operasi yusdisia penegakan disiplin protokol kesehatan di sejumlah lokasi kota Meureudu, Kamis siang. 17/09/2020 


Operasi itu digelar untuk mewujudkan Pidie Jaya lebih tertib dalam penerapan Protokol Kesehatan dan sebagai tindak lanjut Gebrakan Masker Aceh (GEMA)  yang telah di gema serentak pada 04 September.


Operasi yang melibatkan Tim Gugus Tugas, TNI/Polri, Satpol PP dan Dishub ini dilaksanakan sebagai tahapan sosialisasi terhadap penerapan Perbub Pidie Jaya Nomor 27 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 khususnya di Kabupaten Pidie Jaya.


Pada operasi yusdisia tersebut Plt. Sekda melihat langsung dilapangan sebagian masyarakat terlebih pengendara di jalan umum masih kedapatan tidak disiplin seperti tidak menggunakan masker. 


Plt. Sekda juga memastikan semua pengusaha warkop dan tempat publik yang kemungkinan besar ramai dikunjungi warga masyarakat agar benar menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker.


Dalam operasi itu, Plt. Sekda Pidie Jaya Ir. Jailani bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 memberikan arahan kepada pengguna jalan dan beberapa warung yang khalayak ramai di kunjungi masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan serta menyediakan fasilitas protokol kesehatan seperti Wastafle Cuci Tangan, handsanitizier dan prasarana pendukung lainnya.


Pelaksanaan operasi yusdisia ini bertujuan melaksanakan penindakan terhadap pelanggaran Protokol Kesehatan di Kabupaten Pidie Jaya.


"Operasi yusdisia ini dilaksanakan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Pidie Jaya pada khususnya, seluruh pelanggar Protokol Kesehatan terutama yang tidak menggunakan masker akan kita beri tindakan sangsi beruapa harus memutar balik atau tidak boleh melanjutkan ke tujuannya, lalu menyapu jalan serta membuat surat pernyataan akan tetap menerapkan protokol kesehatan disetiap kegiatan terutama penggunaan masker", Ucap Pak Jai sapaan akrab Plt. Sekda Pidie jaya Ir. Jailani didampingi Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Pidie Jaya Fakhri Abdul Muthalib SH.


Sementara itu, Ketua Pusdalop Gugus Tugas Covid-19 Pidie Jaya Okta Handipa ST, M Arch mengatakan kami tidak henti-hentinya untuk mengedukasikan ke masyarakat dan terutama seluruh ASN dilingkungan Pemkab Pidie Jaya agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengan selalu Menggunakan Masker, Mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin, Menjaga jarak dan tidak berkerumun agar kita semua terhindar dari penyebaran Covid-19, bersama-sama kita berdoa agar wabah penyakit ini segera berakhir," Terangnya.


Bercermin dari kondisi dan suasana belakangan ini, protokol kesehatan di Pidie jaya perlu diperketat. Hal itu dimaksudkan agar wabah corona virus disease (Covid-19) tidak meluas. Sebaliknya, jika terus dibiarkan seperti adanya dan masyarakat tidak peduli dengan anjuran pemerintah, bisa jadi grafik kasus tersebut akan meningkat sekaligus berdampak terhadap perekonomian. “Protokol kesehatan perlu diperketat. Kata Ketua Pusat Data dan Operasional (Pusdalop) Gugus Tugas Covid-19 Pidie jaya, Okta Handipa ST, M Arch


Setelah pelaksanaan apel gabungan operasi yusdisia, seluruh personil dibagi menjadi tiga kelompok dan langsung bergerak ke tiga titik lokasi, Depan Pendapa Bupati Pidie Jaya, Pasar Meureudu, dan berakhir di Simpang jalan layang lampu merah arah menuju Kantor Bupati Pidie Jaya. (Hasballah B / Arbaini)

Share:
Komentar

Berita Terkini