Sambut Hardikda Ke 61, IGI Aceh Utara Adakan Workshop Berbasis Online

Laporan: Admin author photo



LHOKSUKON | Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Aceh Utara menyelenggarakan  Online Workshop dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) Aceh ke 61 pada tanggal 02 September 2020. Acara tersebut diselenggarakan selama empat hari, yaitu dimulai Senin sampai dengan Kamis (31/08- 03/09/2020). Workshop kali ini bersifat umum sehingga diikuti oleh seluruh dari guru di Provinsi Aceh mulai jenjang Sekolah Dasar (SD) Sampai dengan jenjang sekolah menengah atas (SMA).

Online workshop merupakan bagian dari program IGI Aceh Utara bernama Meuseuraya (Meureuno Seuraya Bagi Pengalaman di Alam Maya), bertajuk Pemanfaatan Sumber Daya Manusia (SDM) Guru Siap Menghadapi Tantangan Global  Di Era Digital.

Qusthalani, ketua panitia pelaksana menyebutkan tujuan kegiatan kali ini  Meningkatkan kompetensi guru dalam menghadapai era pendidikan 4.0, sesuai dengan Kurikulum darurat covid-19. Sehingga memberikan manfaat bagi kemajuan pendidikan Aceh khususnya dan Indonesia umumnya.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Rachmat Fitri, HD, MPA, Selasa (01/09/2020).

Menurut Rachmat Fitri, keselamatan dan kesehatan lahir batin peserta didik, pendidik, kepala satuan pendidikan dan seluruh warga satuan pendidikan menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan BDR.

“Kegiatan BDR dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum. BDR ini dilakukan untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid 19 di satuan pendidikan,” terangnya.

Rachmat Fitri menambahkan, kegiatan workshop seperti yang dilaksanakan oleh IGI Aceh Utara, dapat membantu para guru di Aceh Utara dalam melaksanakan BDR sesuai kurikulum darurat covid-19. Hal ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus.

“Pada intinya Dinas Pendidikan Aceh sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan Meuseuraya IGI Aceh Utara. Kegiatan seperti supaya menjadi rutinitas, apalagi momen memperingati hardikda. Dari seluruh Indonesia, cuma ada di Provinsi Aceh” paparnya.

Workshop IGI Aceh Utara menghadirkan pemateri nasional Dr. Bahrodin, M.Pd (Supervisor Kurikulum 2013), Safrizal, M.Sos (SAC Expert), Jon Darmawan, S.Pd.,M.Pd (Ketua IGI Kota Lhokseumawe), dengan jumlah peserta 65 orang.(BPK)

Share:
Komentar

Berita Terkini