Jelang HUT ke-75 TNI, Kodim Abdya Ziarahi Makam Teuku Peukan

Laporan: Heri Purwanto author photo


ACEHPRESS - Abdya | Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 TNI, Dandim 0110/Abdya didampingi Ketua Persit KCK Cabang XXXII Dim 0110 Ny. Noor Arip Subagiyo memimpin ziarah makam pahlawan, di makam Teuku Peukan, komplek mesjid Jamik Kecamatan Blangpidie, Jumat (2/10/2020).

Dalam prosesinya kegiatan ziarah tersebut diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, dilanjutkan mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, pembacaan doa, penghormatan akhir kepada arwah pahlawan dan ditutup dengan tabur bunga di pusara Teuku Peukan.

Ditemui media usai acara, Letkol Inf Arip Subagiyo mengatakan ziarah makam pahlawan adalah salah satu tradisi yang tidak pernah absen dilakukan oleh TNI baik dalam memperingati HUT TNI maupun moment lainnya.

Tujuan ziarah ke makam pahlawan adalah untuk berkirim doa sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pahlawan, sekaligus untuk mewarisi nilai-nilai luhur dari para pejuang bangsa.

"Perjuangan dan pengorbanannya harus bisa kita tauladani dan menjadi motivasi bagi kita semua sebagai penerus bangsa," ujarnya.

Kaitannya dengan HUT TNI, Dandim berharap khususnya kepada Prajurit Kodim 0110/Abdya bisa mewarisi sekaligus mengimplementasi sikap patriotisme, rela berkoban, pantang menyerah dan tulus bekerja secara total dalam segala tugas.

Pantauan, acara ziarah makam pahlawan dalam rangka HUT ke-75 TNI ini digelar dengan secara terbatas, menyesuaikan dengan protokol kesehatan pencegahan corona.

Komposisi pasukan diisi oleh 5 orang perwakilan dari masing-masing Satuan, mulai dari Pos AL, Subdenpom Blangpidie, Kipan C Yonif 115/ML, serta prajurit dan Persit Kodim 0110/Abdya. 

Share:
Komentar

Berita Terkini