Pangdam IM Tutup TMMD di Abdya

Laporan: Heri Purwanto author photo


ACEHPRESS, Abdya | Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P., MM.,  secara resmi menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Kodim 0110/Abdya.

Acara penutupan berlangsung secara sederhana dan menerapkan protokol kesehatan, digelar di pendopo Bupati setempat, Jalan Iskandar Muda Desa Blangpidie, Abdya, Rabu (21/10/2020).

Dalam kesempatan tersebut Pangdam IM mengatakan program TMMD dilaksanakan dengan 2 kegiatan fisik dan non fisik esensinya untuk membantu kesulitan masyarakat, sekaligus mendukung tugas Pemerintah Daerah dalam mangakselerasikan pembangunan di perdesaan. 

"Melalui TMMD, TNI juga berperan aktiv menyampaikan himbauan pemerintah, menegakan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat," ujarnya.

Pangdam menyebutkan, protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak tidak sulit dilakukan, bilamana semuanya sadar melakukan protokol tersebut demi menjaga sekaligus mengakhiri pandemi corona.

Di akhir amanatnya, Pangdam mengucapkan terimakasih kepada semua komponen di Abdya terutma kepada Pemkab Abdya karena telah mendukung dan membantu pelaksanaan kegiatan TMMD. Menurutnya, tanpa dukungan dari semua pihak, program TMMD Kodim Abdya tidak akan tercapai dengan maksimal.

Sementara itu, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo selaku Dansatgas TMMD memaparkan 2 kegiatan TMMD telah tercapai dengan 100 persen. Target tersebut telah tercapai dari semenjak H-5 yakni pada Jumat (16/10) lalu.

Untuk kegiatan fisik, kata Dandim, Kodim Abdya telah melakukan pembukaan badan jalan sepanjang 2.500 meter dan peningkatan badan jalan sepanjang 1.000 meter.

Kemudian dilanjut dengan kegiatan pembersihan badan jalan lama seluas 4 meter sepanjang 3.000 meter, pemasangan aramco sebanyak 3 titik, pembuatan tiga unit jembatan beton sekaligus pemasangan beronjong.

Di samping melakukan pembangunan fisik, Kodim Abdya juga telah melakukan pembangunan non fisik untuk masyarakat Desa Babah Lhung dan sekitar dalam Kecamatan Blangpidie diantaranya, penyuluhan bela negara, penyuluhan kesehatan (Covid-19 dan KB), penyuluhan narkoba,  penyuluhan kehutanan, penyomprotan disinfektan serta pembagian masker kepada masyarakat.

Sementara itu Bupati Abdya, Akmal Ibrahim dalam kesempatan yang sama mengucapkan terimakasih atas kunjungan Pangdam IM ke Abdya. Hal itu menjadi semangat bagi masyarakat Abdya dalam membangun daerah.

Kata Akmal, selama ini TNI di wilayahnya bergerak sangat aktif dalam menjalankan tugasnya, terlebih di bidang pertanian.

"Selain itu, saya juga melaporkan kepada Panglima, anggota bapak disini semua telah berperan aktiv mendukung pemerintah daerah dalam mengatasi berbagai persoalan besar. Dan ini semua dilakukan TNI demi membantu rakyat," pungkasnya.

Pantauan acehpress dalam acara tersebut hadir Danrem 012/TU Kolonel Inf Djon Afriadi, S.I.P., MS., DA., berserta sejumlah Asisten Kodam IM, Wakil Bupati Muslizar MT, Kapolres Abdya AKBP Muhammad Nasution, SIK, Kajari Nilawati, SH MH., Sekda Drs. Thamrin, para Kadis, Muspika serta sejumlah komponen masyarakat dalam kabupaten.

Share:
Komentar

Berita Terkini