Peringati HUT ke-61, PP Abdya Gandeng TNI Santuni Anak Yatim

Laporan: Heri Purwanto author photo

 


ACEHPRESS - Abdya | Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memberikan santunan kepada Puluhan anak yatim dan piatu, di Desa Pulau Kayu Kecamatan Susoh, Rabu (28/10/2020).

Penyerahan santunan dilakukan secara simbolis oleh Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo kemudian diikuti oleh Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Abdya Nasrullah US.

Dalam kesempatan tersebut Dandim Abdya menyampaikan TNI Polri akan memberikan dukungan terhadap PP bilamana sejalan dengan aturan. Secara historis organisasi PP dibentuk oleh para veteran dengan dasar semangat perjuangan untuk membantu kemaslahatan masyarakat.

"Kami TNI Polri akan mendukung PP bila sejalan dengan aturan. Tidak anarkis, dan tidak premanisme," ujar Dandim.

Menanggapi hal tersebut, Pimpinan Cabang  PP Abdya Nasrullah US mengakui bahwa hingga saat ini konotasi yang berkembang PP adalah organisasi sarangnya preman dan tidak tahu aturan.

Menurutnya, sebutan preman yang tergabung dalam organisasi PP pada saat itu adalah preman 'Free Men', yang maknanya adalah orang-orang yang bebas dalam berkarya mulai dari kesenian dan seni-seni lainnya.

"Tak hanya itu, dulu juga pemuda pancasila sering disebut sebagai organisasi yang tidak baik atau sering disebut dengan kata-kata kotor oleh orang, namun sekarang kata-kata itu kita robah menjadi organisasi 'Sajadah', dalam hal ini tentunya kita juga harus bisa untuk membuktikan dengan cara mengemban amanah organisasi dalam bentuk karya nyata untuk masyarakat," katanya. 

Tokoh pemuda dan kolektor batu akik ini juga menceritakan, jika organisasi pemuda pancasila adalah sebuah organisasi para militer Indonesia yang didirikan oleh Jendral Abdul Haris Nasution pada tanggal 28 Oktober 1959.

Jadi, kata dia, perjuangan terdahulu seperti Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Japto Soerjosoemarno, SH bukanlah hal mudah dalam memimpin organisasi besar ini, rintangan dan hambatan selalu menyertai organisasi pemuda pancasila.

"Jadi harapan saya selaku ketua MPC Abdya, agar kedepannya organisasi PP lebih dan semakin berguna bagi masyarakat serta kader-kader PP memberikan manfaat untuk kepentingan orang banyak, karena semua itulah yang paling penting kita lakukan," pungkasnya.

Pantauan acehpress, acara ini turut dihadiri perwakilan Kapolres Abdya Kasat Binmas AKP Chairil, Ketua DPRK Abdya Nurdianto berserta anggota dewan dan sejumlah tokoh pemuda dalam kabupaten.

Share:
Komentar

Berita Terkini