Puluhan Kades Disuluh Satgas TMMD Jaga Kelestarian Hutan

Laporan: Heri Purwanto author photo


ACEHPRESS - Abdya | Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Kodim 0110/Abdya menggelar kegiatan penyuluhan kehutanan kepada Dua Puluhan perangkat desa dalam Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya, Selasa (6/10/2020).

Penyuluhan yang digelar dengan pedoman protokol kesehatan pencegahan corona ini berlangsung di ruang Perpustakaan SDN 7 Blangpidie, Desa Babah Lhung.

Nuril Autar S. Hut dari Dinas Kehutanan Abdya dalam kesempatan tersebut mengatakan geografis Kabupaten Abdya masih didominasi oleh hutan. Ia tidak memungkiri sebagian masyarakat Desa Babah Lhung ekonominya bersumber dari hutan.

"Perlu kita ketahui bersama, hutan merupakan paru-paru dunia. Dikatakan seperti itu karena dari hutanlah sumber oksigen kita," ujar Nuril Autar.

Lebih lanjut, Autar memaparkan tentang pentingnya menjaga kelestarian hutan, mengacu pada UU nomor 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

Dalam UU tersebut, kata Autar, disebutkan bahwa pemanfaatan dan penggunaan hutan harus dilakukan secara terencana, rasional, optimal, dan bertanggung jawab.

Pantauan media, dalam penyuluhan  tersebut pemateri secara gamblang menyampaikan dasar hukum sanksi bagi perambah hutan serta dasar hukum larangan pembakaran hutan lahan (Karhutla). Autar berharap wawasan materi tersebut bisa diestafet oleh para perangkat desa ke masyarakat masing-masing, sehingga kelestarian hutan bisa terjaga.

Share:
Komentar

Berita Terkini