Shabela Abubakar : TMMD Kodim 0106 Sangat Membantu Pembangunan Desa

Laporan: Admin author photo


 

TAKENGON | Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar menilai jika pelaksaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Kodim 0106/Aceh Tengah yang dilaskanakan di Kampung Kala Wih Ilang dan Kampung Pantan Musara, Kecamatan Pegasing, Kabupaten setempat, sangat membantu dalam meningkatkan pembangunan desa.

Hal itu, disampaikan oleh Shabela Abubakar dalam acara penutupan TMMD yang dilaksanakan di Oproom Setdakab Aceh Tengah, Rabu (21/10/2020). “Menurut hemat kami, pelaksanaan TMMD telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana yang ditetapkan. Program ini merupakan wujud nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat untuk membantu masyarakat,” katanya.  

Selain pembangunan fisik, sebut Shabela Abubakar, dalam kegiatan TMMD juga dilaksanakan program non-fisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan KB Kesehatan, penyuluhan hukum, penyuluhan pencegahan narkoba, serta penyuluhan pencegahan terorisme dan paham radikal. 

“Pembangunan non-fisik ini, sangat dibutuhkan dalam rangka memelihara dan memperkokoh semangat Nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa. Ancaman tersebut dilancarkan melalui maraknya peredaran dan penyalahgunaan narkoba, aksi terorisme, meningkatnya aksi kriminalitas serta isu bangkitnya kembali komunisme,” sebutnya.

Untuk itu, lanjutnya, melalui kegiatan TMMD menjadi salah satu upaya TNI bersama pemerintah daerah dalam memperkuat dan memberdayakan ketahanan masyarakat sebagai potensi kekuatan wilayah. “Pemkab Aceh Tengah, berharap adanya peningkatan kerjasama antar seluruh instansi, baik TNI, POLRI dan sipil dalam konteks peningkatan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.  

Sementara itu, Dandim 0106/Aceh Tengah, Letkol Inf Teddy Sofyan menyebutkan."para prajurit TNI, Polri, aparat Pemda, serta segenap komponen masyarakat telah bekerja keras guna menyelesaikan program TMMD Reguler Ke-109 ini. “Selaku Dansatgas, saya menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung jalannya TMMD sehingga berjalan lancar serta mencapai target,” ucapnya.

Katanya lagi"Meski TMMD ke-109 telah berakhir, sebut Teddy Sofyan, dia berharap kemanunggalan antara TNI dengan rakyat guna mengembangkan potensi daerah bisa semakin terjaga, sehingga dapat meningkatkan ketahanan nasional. “Semoga hasil karya program TMMD ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan warga masyarakat dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

Acara penutupan TMMD ke-109,turut dihadiri oleh Kapoksahli Kodam Iskandar Muda (IM) Brigjen TNI Bambang Indrayanto, Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, Dandim 0106/Aceh Tengah, Letkol Inf Teddy Sofyan, Kapolres AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat, Kajari Nislianuddin, Ketua Pengadilan Endi Nurindra Putra SH MH, serta Wakil Ketua DPRK, Ansari SE. 

Acara penutupan itu, juga dirangkai dengan penyerahan naskah serah terima pekerjaan dari Dandim 0106/Aceh Tengah kepada Bupati Shabela Abubakar. (Sumarsono)

Share:
Komentar

Berita Terkini