Mahasiswa KKN-Bk 355 Unimal Memberikan Pelatihan Merangkai Sirih Untuk Mendongkrak Perekonomian Warga Di Masa Pandemi

Laporan: Admin author photo

ACEH UTARA | Mahasiswa KKN kelompok 335 Universitas Malikussaleh melaksanakan program pelatihan merangkai sirih hantaran dalam rangka pemberdayaan ekonomi kreatif masyarakat di masa pandemi covid-19.

Program pelatihan merangkai sirih hantaran ini bermula ketika Mahasiswa KKN kelompok 355 Universitas Malikussaleh mendengarkan keluhan warga tentang menurunnya pendapatan masyarakat di masa pandemi akibat adanya PSBB. “Banyak warga yang mengeluh tentang keadaan ekonomi yang merosot, bahkan terkadang untuk kebutuhan sehari-hari saja tidak terpenuhi. Oleh karena itu kami berinisiatif untuk memberi pelatihan merangkai sirih untuk memberdayakan ekonomi kreatif masyarakat sehingga dapat bertahan di masa pandemi”. Ungkap salah satu anggota kelompok 355, Sahira Khalda, Sabtu (07/11/2020).

Program pelatihan rangkai sirih ini juga disambut baik oleh Kepala Desa Meunasah Aron, Asnawi. Beliau sangat mendukung program tersebut bahkan sampai memfasilitasi segala keperluan yang dibutuhkan selama program pelatihan merangkai sirih ini berlangsung. “ Saya sangat salut dengan kreatifitas Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh kelompok 355, mereka mampu membantu mendongkrak perekonomian warga di masa pandemi tanpa harus mengeluarkan modal yang banyak” Ungkap Kepala Desa Meunasah Aron, Asnawi.

Program pelatihan merangkai sirih ini juga dilakukan berdasarkan tema KKN-BK yang diusung oleh kelompok 355 yaitu “Memperkuat Solidaritas Masyarakat Melalui Pemberdayaan SDM yang berkualitas” . Selain itu, sirih hantaran juga merupakan salah satu instrumen yang wajib ada dalam acara meminang pengantin maupun upacara-upacara adat lainnya, hal tersebut menjadi peluang tersendiri bagi setiap warga untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui penjualan sirih hantaran ini.

Pelaksanaan program ini juga dilakukan berdasarkan bimbingan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 355, Subhani., S.Sos., M.Si yang selalu mendampingi dan memberi arahan terkait pelaksanaan KKN ini terutama agar tetap mengikuti protokol kesehatan dan juga memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin terutama dalam mengembangkan SDM di masa pandemi.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok 355 yang deketuai oleh Masnur Ramadhan (Ekonomi Islam) dan berangotakan Sahira Khalda (Teknik Informatika), Usnul Khalisa (Manajemen), Zazira Balqist (Manajemen), dan Husnul Khatimah (Ekonomi Pembangunan) juga mendapat dukungan dan bantuan perangkat desa setempat serta mampu mengundang antusias warga yang begitu luar biasa. (Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini