FKWA Aceh Gelar Rapat Bersama LPDS Dewan Pers di Jakarta

Laporan: Admin author photo
FKWA Aceh Gelar Rapat Bersama LPDS Dewan Pers di Jakarta

JAKARTA | FKWA (Forum Komunitas Wartawan Aceh) telah menemui Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) Dewan Pers terkait pelaksanaan Tes UKW (Uji Kompetensi Wartawan) untuk jenjang Muda dan Madya bagi wartawan di Aceh.

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Zulfikar, S.Pd selaku Ketua FKWA, didampingi Wakil Ketua, Dahlan.Za, Bendahara, Said Saiful beserta Anggota, Syarkawi. Kehadiran mereka disana disambut langsung Direktur Eksekutif Lembaga Pers Dr. Soetomo, Hendrayana.

Pertemuan dalam suasana hangat sekitar dua jam itu berlangsung, di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Jalan Kebon Sirih, No 32-34,RW.2 Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Kamis (03/12).

Ketua FKWA mengatakan, Meski belum bisa memastikan jadwal pelaksanaannya, pihaknya siap menggelar tes UKW di Aceh dalam waktu dekat karena telah mendapatkan restu dari pihak LPDS.

Zulfikar telah menjumpai dengan pihak LPSD dimana tanggapan dari mereka sangat antusias dalam pelaksanaan tes UKW di Aceh, dan mereka mengaku kapan pun siap ke Aceh.

Menurut Ketua FKWA, pihaknya tetap merencanakan tes UKW yang akan digelar dipenghujung tahun ini. Namun, semua rencana itu bisa berubah kapan saja , mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid 19. 

Ia juga menjelaskan, bahwa menurut keterangan dari pihak LPDS, pelaksanaan tes UKW tidak mesti dilakukan oleh organisasi seperti PWI dan AJI, maupun organisasi kewartawanan lainnya. 

Asalkan media tersebut mempunyai badan hukum atau sudah terverifikasi administrasi di Dewan Pers, maka wartawannya dibolehkan mengikuti tes UKW.

“Yang terpenting, wartawan tersebut terdaftar sebagai wartawan yang medianya sudah terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Dan, untuk mendaftar media agar diverifikasi secara administrasi tidak mesti Pimrednya Utama. Yang penting punya Badan Hukum,” ujar Zulfikar.

Terkait dengan kesiapan pelaksanaannya, menurut Zulfikar sangat tergantung dengan sumbangan dana dari para donatur. Hingga kini, beberapa perusahaan besar telah menyatakan siap memberikan sokongan dana untuk kegiatan tersebut.

“Secara administrasi kita sudah siap 100 persen. Tinggal kita tunggu realisasi anggarannya saja. Kita tetap yakin dan berusaha agar dilaksanakan tahun ini,” Tutup Zulfikar (Hasballah)

Share:
Komentar

Berita Terkini