Awali Tahun 2021, TNI di Abdya Berjamaah Shalat Taubat

Laporan: Heri Purwanto author photo

 


ACEHPRESS - Abdya | Mengawali tahun 2021, puluhan prajurit Kodim 0110/Abdya di bawah pimpinan Letkol Inf Arip Subagiyo mengikuti shalat sunat taubat dan hajat berjamaah di mushola Al Fitrah, di komplek Asmil setempat, Desa Pasar Kecamatan Blangpidie, Senin (4/1/2021) sekira pukul 03.00 WIB.

Pelaksanaan sholat sunat tersebut dibimbing imam Ponpes Dayah Manyang Puskia Lembah Sabil, Tengku H Mustafa Salmani. Sebelum memulai shalat, ia mencerahkan jamaah tentang hikmah, tata cara serta bacaan 2 shalat sunat taubat dan hajat.

"Sebagai manusia biasa siapapun tidak luput dari salah dan dosa. DimataNya semua manusia sama, siapapun yang ingin bertaubat dan tidak mengulanginnya, semua dosa tersebut akan dihapusnya. Al Ghaffaar, Allah Maha Pengampun," terang Tengku H. Mustafa.

Lanjutnya, dengan dilakukannya shalat taubat tersebut, ia mengajak para jamaah untuk dijadikan sebagai moment pembelajaran dan perbaikan amaliah hidup di tahun 2021. Segala kesalahan yang lalu baik besar maupun kecil hendaknya tidak terulangi. Nasihat ini ia tuangkan dengan sepenggal kisah Nabi Yunus hingga pertaubatannya saat berada dalam perut ikan paus.

"Laa Ilaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzholimin. Ini amalan Nabi Yunus saat bertaubat. Dan tasbih ini akan kita lafadzkan bersama-sama seusai shalat," tandasnya.

Pantauan media, dengan tetap mempedomani protokol kesehatan jaga jarak dan memakai masker, puluhan prajurit Kodim 0110/Abdya  secara khusu mengikuti 2 rakaat shalat sunat berjamaah taubat dan hajat. Rangkaian taubat tersebut kemudian diakhiri dengan dzikir dan doa bersama.

Share:
Komentar

Berita Terkini