Bantu Petani, TNI di Abdya Bersihkan Gulma

Laporan: Heri author photo
Bantu Petani, TNI di Abdya Bersihkan Gulma
Dok. Ist

AcehPress.com, ABDYA | Budidaya berbagai jenis tanaman baik tanaman pangan maupun perkebunan tidak terlepas dari keberadaan gulma.

Gulma merupakan tumbuhan yang tumbuh di sekitar tanaman budidaya yang pertumbuhannya tidak dikehendaki dan umumnya merugikan karena dapat menghambat pertumbuhan, mengakibatkan penurunan kuantitas dan kualitas produksi dan dapat menjadi sarang hama dan penyakit. 

Untuk mengantisipasi kerugian dan kerusakan pada tanaman padi Babinsa Koramil 07/Babahrot Kopda Bustami membantu Petani yang ada diwilayah binaannya pada kegiatan pembersihan Gulma (Tumbuhan Liar) yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman padi, Desa Blang Raja, Kecamatan Babahrot, Senin (25/1/2021).

Di sela-sela kegiatan Kopda Bustami mengatakan," Pembersihan gulma ini bertujuan agar tanaman padi bisa tumbuh normal tanpa ada saingan atau sejenis parasit yang merugikan tanaman padi tersebut.

Gulma ataupun rumput liar menjadi salah satu kendala bagi para petani padi dalam memperoleh hasil panen yang maksimal, karena keberadaan gulma sangat mengganggu tanaman padi pada masa pertumbuhan hingga masa pematangan, jika keberadaan gulma tidak dibasmi atau dilakukan penyiangan maka akan mengakibatkan tanaman padi kekurangan unsur hara, air dan cahaya sehingga berdampak pada menurunnya hasil panen.

Memang, Setiap tanaman apalagi padi apabila ingin mendapatkan hasil penen yang baik sudah pasti akan memerlukan berbagai macam perawatan maupun asupan baik itu pupuk, penyemprotan dan lain sebagainya, makanya hari ini saya bersama petani bersinergi turun langsung kelahan persawahan membersihkan Gulma yang tumbuh pada tanaman padi.

Mudah-mudahan melalui kegiatan yang kita lakukan ini dalam merawat tanaman padi nantinya akan mendapatkan hasil penen yang maksimal, sehingga kesejahteraan petanipun akan dapat meningkat," tandasnya. (Kodam IM)

Share:
Komentar

Berita Terkini