Gegara Ulah Pembakar Lahan, TNI Polri di Babahrot Padamkan Titik Asap

Laporan: Heri Purwanto author photo



Abdya - Acehpress Jajaran TNI dan Polisi wilayah teritorial Babahrot Aceh Barat Daya berjibaku memadamkan titik api di lahan perkebunan rakyat, di kawasan Desa Rukun Damee, Kecamatan setempat, Kamis (11/2/2021).


Informasi dihimpun, titik api ditemukan warga pada Kamis (11/2) pagi sekira pukul 06.30 WIB. Diduga api berasal dari bakaran ban ulah warga saat membuka lahan.


Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo melalui Danramil 07/Babahrot Kapten Inf Mohd Arifin dalam konfirmasinya membenarkan perihal tersebut. Menurutnya pembakaran lahan itu dilakukan sengaja oleh warga untuk mempercepat proses pembukaan lahan. 


"Ya benar, kejadiannya tadi pagi. Alhamdulillah sekarang sudah selesai (padam)," ujarnya.


Arifin menjelaskan, salah satu warga yang tidak disebutkan identitasnya itu melapor ke Koramil dan Polsek Babahrot tentang adanya titik asap di sekitar perkebunan rakyat. 


Menindak lanjuti laporan tersebut, jajaran Koramil, Polsek dan Muspika Babahrot bergegas turun ke lokasi memadamkan titik api. Pemadaman dilakukan dengan cara manual memanfaatkan air parit berlangsung selama 3 jam.


"Meski dari pantauan Lapan Fire Hotspot nihil, laporan warga itu langsung kita tindak lanjuti. Dan alhamdulillah, lahan itu kini sudah dingin," tegasnya.


Untuk menghindari hal serupa terulang, jajaran Koramil Babahrot bersinergi dengan Polsek telah memasang banner larangan pembakaran lahan di sejumlah titik. Upaya itu kemudian dipertegas dengan sosialisasi dasar hukum Karhutla oleh jajaran Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Share:
Komentar

Berita Terkini