TNI Polri di Kuala Batee Intensifkan Patroli Karhutla

Laporan: Heri Purwanto author photo
TNI Polri di Kuala Batee Intensifkan Patroli Karhutla
Dok. Ist


AcehPress.com, ABDYA | Tim gabungan TNI/Polri dan BPBK Abdya melakukan patroli  mencengah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), di kawasan Lama Tuha, Kuala Batee, Minggu (21/2/2021).

Danramil 02/Kuala Batee Kodim 0110/Abdya Kapten Inf Izhar dalam komfirmasinya mengatakan, patroli tersebut dilaksanakan dalam rangka memantau situasi dan kondisi hutan lahan karena mengingat intensitas cuaca saat ini sangat rentan terjadi Karhutla.

Patroli kali ini difokuskan di area perkebunan sawit rakyat kawasan Desa Lama Tuha. Daerah tersebut merupakan areal hutan luas dan bertanah gambut. Tim gabungan ingin memastikan di hamparan lahan itu nihil dari asap dan titik api.

"Setiap petani yang kami jumpai di lokasi itu kami berikan sosialisasi himbauan agar tidak melakukan pembakaran lahan," tuturnya.

Lanjut Danramil, untuk memaksimalkan patroli, tim gabugan menggunakan sepeda motor. Bahkan, untuk memastikan satu area aman dari api, tidak sedikit tim gabungan harus berjalan kaki menyusuri semak belukar dan rawa.

Danramil berharap, upaya yang telah dilakukannya tersebut bisa menggugah kesadaran warga untuk sama-sama mencegah kebakaran hutan lahan. Meskipun dari beberapa kasus Karhutla yang terjadi saat ini, faktor human erorr masih menjadi dugaan.

"Kami menghimbau kepada seluruh warga khususnya para petani, bila membersihkan lahan jangan dibakar. Memang proses itu cukup praktis dari pada dikerjakan dengan manual. Namun kita semua harus ingat dampak dari pembakaran itu sangatlah fatal. Dan perlu kami tegaskan sanksinya itu diancam pidana," tandasnya. (*)

Share:
Komentar

Berita Terkini