Dituding Miliki Andil, Babinsa Diminta Terus Dampingi Petani

Laporan: Heri Purwanto author photo

Dok. Ist

 AcehPress.com, ABDYA | Para petani di Kecamatan Babahrot Kabupaten Abdya terutama di Desa Pante Rakyat meminta kepada Babinsa Kopda Darmanto agar terus melakukan pendampingan pertanian.

Petani setempat beralasan, para Babinsa umumnya dari Koramil 07/Babahrot Kodim 0110/Abdya memiliki andil penting dalam kemajuan pertanian. Berbagai kendala yang dihadapi petani baik teknis maupun koordinasi bisa dipecahkan atas adanya buah tangan Babinsa. 

Mereka merasakan, kehadiran Babinsa mendampingi petani bukan di atas teori semata, namun diaplikasikan langsung dengan kerja nyata. Tidak sedikit Babinsa rela kotor-kotoran turun ke sawah membantu kerja petani mulai dari pembajakan, penyemaian bibit, penanaman, fase perawatan, panen hingga ke pengangkutan gabah.

"Nyoe kamoe bandum lake pak Babinsa bek sampe putoeh dampingi kamoe di pertanian, (Ini kami semua meminta pak Babinsa jangan sampai putus dampingi kami bertani)," ungkap salah satu petani, Warto (56).

Menanggapi hal itu terpisah, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo melalui Danramil Babahrot Kapten Inf Mohd Arifin mengatakan, selama belum ada pencabutan dari pucuk pimpinan dalam hal ini Negara, pihaknya atas terusan intruksi TNI AD akan terus berupaya mendampingi warga mengolah pertanian. 

"Selama belum ada pencabutan khusus, pendampingan pertanian akan terus kita lakukan," kata Danramil saat dikonfirmasi via seluler, Jumat (5/3/2021).

Danramil menandaskan, secara yuridis selain operasi perang tugas Satuan Kewilayahan adalah membantu tugas Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan pembangunan. Salah satu di antaranya yaitu pembangunan sektor ekonomi. Di Abdya sektor pertanian ini menjadi fokus khusus Pemerintahan bahkan dijadikan sebagai domainnya ekonomi wilayah.

"Khususnya di wilayah kita, sektor utamanya bertumpu pada pertanian. Maka dari itu jajaran terkait termasuk sinergi TNI Polri hingga kini terus berupaya memaksimal aset ekonomi ini demi kemajuan wilayah dan taraf hidup petani itu sendiri," tandas Danramil. (*)

Share:
Komentar

Berita Terkini