SMAN 1 Meulaboh Gelar Raker Penyusunan Program

Laporan: Admin author photo
Dok. Ist

Acehpress.com, Aceh Barat | SMAN 1 Meulaboh terus berupaya melakukan terobosan ide-ide kreatif dalam membuat perencanaan program sekolah melalui metode partisipatif. Pemaparan program dalam raker ini dimulai dari  bidang kurikulum, bidang kesiswaan, bidang sarana prasarana.

 

 

Kepala SMAN 1 Meulaboh, T Kamarisal, SPd, M.Si menyebutkan, rapat kerja itu bertujuan untuk melakukan proses penyusunan rencana pengembangan sekolah dengan melibatkan semua pemangku kepentingan sekolah.

 

 

“Dalam kegiatan ini kita duduk bersama membahas setiap kategori program yang dirumuskan, sehingga menemukan satu ide gagasan program yang diperioritaskan,” kata Kamarisal.

 

 

Dijelaskannya, penyusunan rencana pengembangan sekolah (RPS) agar sekolah dapat mengetahui secara rinci tindakan apa yang harus dilakukan dan mengetahui kewajiban dalam penyelenggaraan pendidikan.

 

 

“Sasaran pengembangan sekolah dapat dicapai dengan standar kualitas yang telah ditentukan yang diimplementasikan secara konsisten akan menjamin bahwa semua program/kegiatan yang dilaksanakan memenuhi harapan pemangku kepentingan, dan kondisi nyata sekolah,” kata Kamarisal.

 

 

Prinsip penyusunan RPS partisipatif, lanjutnya, mendorong dan melibatkan tiap warga sekolah (Kepala Sekolah, Guru, siswa, orang tua siswa, dan Komite Sekolah) untuk mempergunakan hak dalam menyampaikan pendapat dalam proses pengambilan keputusan.

 

 

“Sehingga mereka merasa memiliki dan ikut bertanggung jawab terhadap kemajuan sekolah,” tutur Kamarisal.

 

 

Dalam kesempatan itu, lanjutnya, turut dihadiri oleh pengawas pembina SMAN 1 Meulaboh Drs. Cheruman, Ketua Komite Sekolah, Mahrizal, SE., M.Si, dan Pakar Pendidikan yang berasal dari Universitas Teuku Umar Said Mahdani, SE., M.Si. AK.

 

 

“Kami sangat apresiasi kepada semua pihak yang telah ikut andil dalam raker ini, semoga melahirkan program-program yang dapat mendukung peningkatan kualitas pendidikan di SMAN 1 Meulaboh,” aku Kamarisal.(RED).
Share:
Komentar

Berita Terkini