TNI Polri di Adan Abdya Evakuasi Pohon Tumbang Yang Timpa Rumah Warga

Laporan: Heri Purwanto author photo

 



Acehpress.com, Abdya- Babinsa Koramil 05/Tangan-tangan Kodim 0110/Abdya beserta Bhabinkamtibmas bahu membahu mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah warga di Desa Adan Kecamatan Tangan-tangan, Sabtu (6/3/2021).


Pemilik rumah Janiputtin (58) menyebutkan musibah tersebut terjadi akibat tiupan angin kencang  dan hujan deras pada Sabtu pagi sekira pukul 04.00 WIB. Beruntung saat kejadian pohon jengkol yang diakuinya telah rapuh itu hanya menimpa dapur dan belakang rumah.


"Bersyukur tumbangnya (pohon) tidak sampai ke kamar. Karena saat itu kami semua tengah tidur lelap," ungkapnya.

Sementara itu Bati Tuud Koramil 05/Tangan-tangan Serma Dirmansyah saat ditemui di lokasi mengatakan, evakuasi tersebut difokuskan pada pembersihan batang dan ranting-ranting pohon yang tumbang. Sedikitnya 2 unit mesin pemotong kayu berjenis simso milik warga dikerahkan guna memudahkan proses evakuasi.

Serma Dirmansyah menyebutkan dalam musibah tersebut tidak ada korban jiwa. Namun kerugian materil yang harus ditanggung Janiputtin itu ditaksir mencapai Belasan Juta Rupiah.

Atas kejadian ini Babinsa beserta Bhabinkamtibmas menghimbau kepada para warga agar selalu waspada mana kala terjadi hujan dan angin kencang.

"Bila ada pohon yang sudah keropos dan sekiranya membahayakan, alangkah baiknya dipotong saja. Untuk koordinasi dan bantuan tenaga lainnya kami siap," tandasnya.

Sebagai informasi, dikutip dari informasi BMKG laman Kabupaten Aceh Barat Daya date Sabtu (6/3) sebagian wilayah pada waktu pagi, sore dan malam bakal diguyur hujan dengan intensitas curah sedang-lebat. Lainnya, BMKG memprediksi tiupan angin berasal dari Barat Laut dan berkecepatan 10Km/perjam.


Share:
Komentar

Berita Terkini