26 ASN Abdya Ikuti Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi

Laporan: Heri Purwanto author photo

26 ASN Pemkab Abdya dengan pedoman protokol kesehatan mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) di BKPSDM Abdya 

AcehPress.com, ABDYA | Sebanyak 26 orang pejabat dari Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkungan Pemerintahan Kabupaten Aceh Barat Daya (Pemkab Abdya) mengikuti proses seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Tahun 2021, Senin (5/4/2021).

Proses seleksi yang digelar terbuka dengan pedoman protokol kesehatan itu berlangsung di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Abdya, Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie.

Kepada acehpress.com Kepala BKPSDM Abdya, Cut Hasnah Nur melalui Kepala Bidang Kepangkatan dan Penggajian, Azharida menyebutkan, seleksi terbuka jabatan tinggi pratama ini dilaksanakan selama 2 hari, terhitung mulai Senin (5/4) hingga Rabu (7/4).

Ia mengatakan, ke-26 peserta diseleksi langsung oleh tim assesor dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) kantor Regional XIII Aceh.

"Sebenarnya yang mendaftar itu ada 27. Namun yang dinyatakan lulus itu ada 26," ungkapnya.

Azharida menjelaskan, pelaksanaan seleksi tersebut berdasarkan amanat undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara.

Kemudian, Reformasi Birokrasi Nomor 15 tahun 2019 tentang Tata cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah dengan tetap Menerapkan Tertib administrasi.

Untuk hari ini, lanjutnya, peserta mengikuti seleksi ujian tulis, dan simulasi. Sedangkan untuk hari-hari selanjutnya, para peserta mengikuti ujian wawancara, pemaparan makalah serta kompetensi managerial, dan kepemimpinan yang dilaksanakan dan dinilai langsung oleh Tim Pansel sesuai SK Bupati Abdya.

"Seleksi jabatan tinggi pratama ini dilakukan untuk mengisi 12 SKPK yang selama ini dijabat oleh pelaksana tugas (Plt). Dan mereka yang lulus, nantinya akan mengisi kekosongan itu sesuai dengan bidang masing-masing," tandasnya. (*)

Share:
Komentar

Berita Terkini