Dandim 0103/Aceh Utara ; Pemakaman Jenazah Covid 19 Harus Sesuai Protokol Kesehatan

Laporan: Admin author photo
Dandim 0103/Aceh Utara ; Pemakaman Jenazah Covid 19 Harus Sesuai Protokol Kesehatan


Acehpress.com, LHOKSEUMAWE | Seorang pasien Positif Covid 19 berinisial HI Laki Laki (62) warga asal Dusun Pln Desa Hagu Tengoh Kecamatan Banda Sakti kota Lhokseumawe yang meninggal dunia dan di Kebumikan di Pemakaman TPU Desa Hagu Tengoh Kec. Banda Sakti, Kota lhokseumawe.Jumat (28/05/2021).

Diketahui dari hasil pihak Rumah Cut Meutia mengatakan bahwa pasien (Almarhummah) memiliki riwayat terpapar Covid – 19, dan Pemakaman jenazah yang terpapar Covid-19 harus dimakamkan dengan protokol kesehatan yang ketat, untuk memgantisipasi Terjadinya Penyebaran Virus Covid 19.

Dalam Kesempatan itu Danramil 16/Bds Kapten Inf Roni Mahendra Menyampaikan bahwa Sempat terjadi perdebatan dari pihak keluarga saat akan dimakamkan, namun petugas gabungan gugus tugas Covid 19 Kota Lhokseumawe selaku penegak protokol kesehatan dan pengendalian infeksi untuk Pemakaman jenazah dapat memberikan pengertian kepada keluarga serta untuk kepentingan bersama guna mencegah penularan dan bertambahnya korban akan lebih bayak lagi.

Proses pemakaman jenazah Covid-19 berbeda dengan biasanya. Melibatkan beberapa petugas terpadu termasuk Babinsa TNI Kodim 0103/Aceh Utara turut membantu pengamanan pemakaman jenazah pasien suspect atau positif Covid-19, di Pemakaman TPU Desa Hagu Tengoh Kec. Banda Sakti, Kota lhokseumawe.

Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto S.A.P mengatakan, Babinsa TNI berkewajiban membantu berbagai kegiatan termasuk sosial kemanusiaan.

Namun saat ini, pengamanan dalam menerapkan protokol kesehatan sangat penting, apalagi almarhumah memiliki riwayat terpapar Covid-19.

“Mulai proses penjemputan, memandikan, sholat jenazah hingga pemakaman, para petugas termasuk Babinsa dan masyarakat yang turut membatu tetap melakukan pengamanan protokol kesehatan,” terang Dandim

"Sebagai Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 bekerja sama dengan pihak Tim Medis menyiapkan prosesi pemakaman sesuai SOP Kemenkes RI dan standar WHO," jelas Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, dalam prosesi pemakaman tersebut pihaknya memerintahkan Danramil Kapten Inf Roni Mahendra dan Para Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 16/Bds untuk membantu petugas pemakaman dari Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memakamkan jenazah Positif Covid 19. Tutupnya. (*)

Share:
Komentar

Berita Terkini