Fokuskan Petani Bajak Sawah, TNI di Abdya Cukupi Pengairan

Laporan: Heri Purwanto author photo
Babinsa Koramil Tangan-tangan Serda Zulvikar Dhendi pantau pembajakan sawah 


Abdya, Acehpress-  Para petani di wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) di antaranya Kecamatan Tangan-tangan kini tengah disibukan menghadapi musim tanam padi.

Kondisi ini lantas disinkronkan dengan diintensifkannya pendampingan pertanian oleh Penyuluh, PPL dan Babinsa di wilayah itu.

"Saat ini petani kita tengah sibuk pembajakan sawah. Untuk mendukung kelancaran itu sejak awal kita telah fokuskan pendampingan mulai dari pemilihan bibit unggul, inventarisir fungsi Alsintan dan pengendalian pengairan," ungkap Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo melalui Plh. Danramil Koramil 05/Tangan-tangan Serma Dirmansyah kepada media ini di Blangpidie, Sabtu (29/5).

Lanjut Dirmansyah, kebutuhan utama dalam pertanian yaitu pengairan. Untuk mendukung kelancaran akses tersebut, secara masif pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait mengatur teknis dan taktik pembagian saluran air.

Atas upayanya itu ia pun memastikan kebutuhan saluran air selama pembajakan hingga penanaman padi diyakini tercukupi.

"Insyaallah bila tidak ada kendala lain, pengairan sawah di wilayah kita itu cukup," tandasnya.

Untuk diketahui, luas sawah di wilayah Kecamatan Tangan-tangan tercatat mencapai 1.165 Ha. Hingga Sabtu sore ini Plh. Danramil 05/Tangan-tangan melaporkan PR pembajakan sawah di wilayahnya itu tersisa sekitar 196.5 Ha.

Share:
Komentar

Berita Terkini