Hindari 'Mahar' Traktor, TNI di Abdya Optimalisasi Alsintan

Laporan: Heri Purwanto author photo
Hindari petani dirugikan, Babinsa Kodim 0110/Abdya kawal ketat pembajakan


Abdya, Acehpress.com |Memasuki persiapan musim tanam padi, jajaran Babinsa Kodim 0110/Abdya yang tersebar di 152 Desa 9 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat Daya kembali bergerak mengoptimalisasi bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) untuk pembajakan.


Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo melalui Plh. Pasiter Kapten Inf Mohd Arifin mengatakan untuk mendukung kebutuhan petani dalam proses pembajakan, pihaknya bersama dengan unsur terkait sejak jauh hari telah menginventalisir ulang kuantitas dan kualitas alsintan yang ada di wilayah melalui jaring Babinsa.


"Ini kita lakukan untuk memaksimalkan proses pembajakan. Karena sesuai dengan tujuannya, Alsintan bantuan pemerintah ini digulirkan buat petani untuk meningkatkan swasembada pangan," terang Plh. Pasiter di Blangpidie, Jumat (7/5).


Lanjutnya, upaya tersebut juga dilakukan guna mempersempit ruang kecurangan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan Alsintan petani demi keuntungan pribadi.


Untuk menjamin itu pihaknya melalui para Babinsa secara ketat mulai mengawasi dan mengawal proses pembajakan di wilayah dan memastikan pelaksanaanya itu tidak ada pungli/mahar di dalamnya.


"Kita berharap dengan upaya kecil ini, ke depannya target produktivitas pangan di wilayah semakin meningkat, sejalan dengan meningkatnya taraf ekonomi petani," singkatnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini