MTQ Ke III Tingkat Desa Alue Gampong Resmi Ditutup, Fauzan Azima Juara Umum

Laporan: Admin author photo
MTQ Ke III Tingkat Desa Alue Gampong Resmi Ditutup, Fauzan Azima Juara Umum
Dok. Ist

Acehpress.com, ACEH UTARA | Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke III Tingkat Desa yang diselenggarakan di Desa Alue Gampong Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara sejak 04 Mei 2021 lalu resmi ditutup oleh Ketua Karang Taruna Aceh Utara, Sarjani, ST, Jum’at (07/05/2021) malam.

Fauzan Azima Putra dari Pasangan Alm. Mahrus Ali dan Nursiah Keluar sebagai Juara Umum dengan berhasil mengumpulkan 4 Juara dari 7 Cabang yang diperlombakan sehingga dapat merebut piala bergilir MTQ Ke III Tingkat Desa.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara Sarjani, ST, dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur, kebahagiaan, kebanggaan serta apresiasi atas kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan MTQ yang berlangsung di Desa Alue Gampong, MTQ ini merupakan salah satu upaya membangun Generasi Qurani di Desa Alue Gampong Kecamatan Tanah Luas pada khususnya dan Aceh Utara pada umumnya. 

Sarjani mengajak seluruh Generasi Muda dan Masyarakat di Desa Alue Gampong untuk selalu menghidupkan perasaan cinta kepada nilai-nilai dan hikmah dalam Al Qur’an. Selanjutnya, apabila telah memulai membangun kecintaan kepada Al Qur’an, maka dapat diwujudkan “Gerakan Tiada Hari Tanpa Bacaan Al Qur’an”. Harap mantan Ketua Remaja Masjid Baiturrahmah Bayi.

Kepada para peserta, Sarjani turut mengucapkan selamat atas kesuksesan qari-qariah dalam meraih prestasi terbaiknya.”Teruslah belajar yang gigih, sebab kedepan kita akan mengikuti MTQ Tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Nasional. Bagi peserta yang belum meraih juara jangan berkecil hati, teruskan berlatih jangan patah semangat karena kesempatan masih banyak,” imbuh mantan Ketua OSIS SMAN 1 Tanah Luas ini, sembari mengucapkan terimakasih Kepada Pemerintah Desa Alue Gampong yang telah begitu peduli terhadap Syariat Islam dan Generasi Muda Di Desanya, semoga dapat dicontohkan oleh desa-desa lainnya yang ada di Aceh Utara, harapnya.

Geuchik Desa Alue Gampong Iskandar, S.Sos, menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi menyukseskan pelaksanaan MTQ kali ini. Sebagai Pimpinan Desa pihaknya menyatakan telah bekerja keras untuk memprioritaskan pelayanan dan kenyamanan kepada seluruh Peserta MTQ, ini sebagai bukti nyata kepedulian kita kepada Generasi Muda. “Tentunya pasti ada kekurangan dan kesalahan yang kami lakukan, maka saya atas nama Pemerintah Desa memohon maaf dengan setulus-tulusnya,“ ucapnya.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Tgk. Maulana Fajri, S.Pd, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Desa Alue Gampong yang telah berupaya dan bekerja keras sehingga Peyelengaraan MTQ Ke-III tingkat Desa ini dapat berlangsung dengan baik, semoga Ramadhan tahun depan dapat kita laksanakan lebih meriah lagi.

Maulana Fajri merincikan, adapun para peserta yang berhasil keluar sebagai Juara dari 7 Cabang yang diperlombakan adalah sebagai berikut:  

Juara Umum Fauzan Azima

Cabang Lomba Hafalan Ayat Pendek

Juara 1 Rahamaton dengan Jumlah nilai : 120, Juara 2 Najwa dengan Jumlah nilai : 110, sedangkan Juara 3 diraih oleh Syifa dengan Jumlah nilai : 85

Cabang Lomba Baca Kitab Akhlak

Juara 1 Rahmati Rizkia dengan Jumlah nilai : 290, Juara 2 Rina dengan Jumlah nilai : 220, sedangkan Juara 3 diraih oleh Fauzan Azima dengan Jumlah nilai : 210

Cabang Lomba Tilawatil Qur'an

Juara 1 Fauzan Azima dengan Jumlah nilai : 290, Juara 2 Nurkhalis dengan Jumlah nilai : 260, sedangkan Juara 3 diraih oleh Safrina dengan Jumlah nilai : 250

Cabang Lomba I'tikad 50

Juara 1 Salsabila Arzalia dengan Jumlah nilai : 250, Juara 2 Fatimah Zuhra dengan Jumlah nilai : 150 sedangkan Juara 3 diraih oleh Alfian dengan Jumlah nilai : 125

Cabang Lomba Pidato

Juara 1 Rahmati Rizkia dengan Jumlah nilai : 400 dengan durasi waktu 7,30, Juara 2 Fauzan Azima dengan Jumlah nilai : 320 dengan durasi waktu 7,14, sedangkan Juara 3 diraih oleh Fatimah Zuhra dengan Jumlah nilai : 250 dengan durasi waktu 7,5

Cabang Cerdas Cermat

Juara 1Regu A Fauzan Azima/Rahmati Rizkia dengan Jumlah nilai : 2.350, Juara 2 Regu B Mirnawati/Nurkhalis dengan Jumlah nilai : 1.400, sedangkan Juara 3 diraih oleh Regu C Rahmaton/Auliani Asyifa dengan Jumlah nilai : 400

Upacara penutupan yang penuh khidmat dan ketat dengan protokoler kesehatan itu dihadiri sejumlah pejabat Pemerintah Desa Alue Gampong, Ketua Karang Taruna Aceh Utara, Muspika Tanah Luas, tokoh masyarakat, para peserta MTQ dan masyarakat sekitarnya.

Rangkaian penutupan diawali pembacaan ayat suci Alquran, kemudian dilanjutkan dengan penurunan bendera LPTQ oleh Group Sanggar Seni Karang Taruna Malikussaleh dan pembacaan hasil keputusan oleh dewan juri untuk semua cabang perlombaan. Puncak upacara penutupan ditandai dengan ketukan palu 3 kali oleh Ketua Karang Taruna Aceh Utara serta diisi dengan Pidato/Ceramah oleh Tgk Maulana dari Tangse Pidie. (*)

Share:
Komentar

Berita Terkini