Serda Juliansyah Sosialisasikan PPKM Mikro Hingga Ke Pelosok Desa

Laporan: Admin author photo
Serda Juliansyah Sosialisasikan PPKM Mikro Hingga Ke Pelosok Desa


AcehPress.com, ACEH BARAT | Sosialisasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro di Kabupaten Aceh Barat khususnya Sungai Mas dilakukan oleh Babinsa hingga ke pelosok Desa. Ia dengan semangat yang tinggi melaksanakan pemantauan secara blusukan masuk ke kawasan terpencil meskipun harus melewati jalan terjal dan berlumpur.

Seperti yang dijalani personel TNI yang bertugas di Koramil 01/SM Serda Juliansyah di wilayah Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat. Ia melaksanakan blusukan masuk ke wilayah desa binaan, Desa Tungkop untuk menyosialisasikan PPKM mikro dan protokol kesehatan, Kamis (6/5/2021). 

Wilayah yang berada di sebelah utara perbatasan dengan Pide Jaya, Desa tersebut selama ini termasuk daerah pelosok. Sebagian besar warganya berprofesi sebagai petani. Sosialisasi PPKM mikro ke pelosok dilaksanakan dengan mendatangi rumah warga satu persatu atau Door to Door. Selain membagikan masker, anggota Babinsa juga mengajak masyarakat binaan membiasakan diri untuk selalu menjalankan protokol kesehatan dengan menerapkan 3 –M yakni mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.

Bati Tuud Koramil 01/Sungai Mas Sersan Mayor Eko Raharjo mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan oleh para Babinsa mengacu kepada PPKM berskala mikro. Melalui kegiatan ini, masyarakat diharapkan bisa sadar dan mematuhi protokol kesehatan.

Sosialisasi PPKM berbasis mikro kami lakukan secara kontinu dengan harapannya bisa memberikan pemahaman kepada waraga masyarakat khususnya Sungai Mas sampai dengan daerah yang terpencil. sebab warga pelosok banyak yang belum memahami dan menganggap biasa terkait Covid-19, sehingga keluar rumah jarang memakai masker, ujarnya. 

Salah satu warga Desa Tungkop, Munir (53) mengaku sudah menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Namun saat berada di rumah, dirinya mengakui tidak menggunakan masker karena ribet dan susah bernafas. 

Jika melaksanakan kegiatan keluar rumah tetap memakai masker. Saya pedagang warung kopi, sering berhubungan dengan para pembeli. jadi tetap mengedepankan protokol kesehatan yang sudah di tetapkan dari pemerintah agar terhindar dari penyebaran Corona yang saat ini peningkatannya cukup tajam, pungkasnya. (*)

Share:
Komentar

Berita Terkini