TNI di Abdya Bagikan Masker Untuk Jamaah Isya dan Tarawih

Laporan: Heri Purwanto author photo
Babinsa Koramil Susoh membagikan masker kepada jamaah shalat Isya dan Tarawih

Abdya, Acehpress.com | Jajaran Babinsa Kodim 0110/Abdya membagikan masker kepada jamaah shalat isya dan tarawih tersebar di 9 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Sabtu (1/5) malam.

Tidak hanya membagikan masker, dalam aksi itu Babinsa juga mengingatkan kepada para jamaah agar penyelenggaraan shalat isya dan tarawih dilaksanakan dengan kaidah protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Ditemui media ini, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo melalui Pasi Intel Kapten Inf Fajar Setyawan mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk menekan penyebaran corona di wilayah.

Menurutnya, meski program vaskinasi telah digulirkan dan telah dijalani oleh sebagian lapisan masyarakat, namun penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan wajib dilakukan.

"Tanpa terkecuali juga berlaku untuk para jamaah di mesjid," tegasnya.

Lanjut Pasi Intel, tanpa mengurangi kekhusuan ibadah dan syarat sah shalat penyelenggaran shalat berjamaah juga diatur menyesuaikan dengan pedoman protokol kesehatan (Protkes). Hal ini berdasarkan anjuran pemerintah tertuang di Inpres No 6 tahun 2020.

Pasi Intel menyebutkan Pandemi corona telah menjadi polemik bagi seluruh dunia dan terus mewabah penyebarannya. Untuk menekan laju virus wuhan itu, Mekkah yang notabenenya sebagai kiblatnya Islam juga menerapkan hal yang sama.

"Kita lihat di berita, di Masjidil Haram Mekah, itu shalat berjamaahnya diatur ketat dengan pedoman Protkes. Jadi, tidak ada alasan bagi kita mendalilkan nentang Protkes saat shalat berjamaah di mesjid. Kita berharap dengan momentum ini kesadaran  dan disiplin warga terhadap Protkes semakin meningkat," tandasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini