Bupati Abdya Resmikan Pembangunan PN Blangpidie

Laporan: Heri Purwanto author photo
Bupati Abdya Akmal Ibrahim, SH beserta tamu undangan meninjau maket rencana pembangunan gedung PN Blangpidie


Abdya, Acehpress |
Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim, SH meresmikan pembangunan gedung Pengadilan Negeri Blangpidie di komplek perkantor Pemkab Abdya di Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie, Kamis (24/6).

Peresmian pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama (ground breaking) dilakukan secara simbolis oleh Akmal Ibrahim beserta Ketua Pengadilan Tinggi Banda Aceh Dr. H. Gusrizal, SH, M.Hum dan Ketua Pengadilan Negeri Blangpidie Zulkarnain SH, MH.

Dalam sambutannya Akmal mengungkapkan dirinya merasa bahagia atas terlaksananya pembangunan gedung tersebut. Pasalnya, untuk mendapatkan pelayanan Pengadilan, ke depan masyarakat Abdya tidak perlu lagi bersusah payah harus pergi keluar daerah.

Ia menilai selain menyita waktu dan biaya, hal itu juga tidak sesuai dengan perwujudan prinsip good governance dalam tata kelola Pemerintahan.

"Dulu, untuk mendapatkan pelayanan Pengadilan, masyarakat Abdya itu harus pergi ke Tapak Tuan Aceh Selatan, karena Abdya belum memiliki gedung Pengadilan sendiri," ungkapnya.

Sedangkan, jelas Akmal, keberadaan pelayanan Pengadilan di wilayah itu sangat penting. Kian hari kepentingan dan permasalahan masyarakat semakin kompleks dan rumit. Masyarakat membutuhkan kepastian hukum yang baik dan benar, sementara yang berwenang mutlak atas keputusan itu sendiri adalah Pengadilan. 

Akmal menandaskan dengan dibangunnya gedung Pengadilan tersebut diharapkan nantinya akan menjadi tempat tumpuan masyarakat Abdya dalam menyelesaikan perkara hukum dan peradilan.

Informasi yang berhasil dihimpun, pembangunan gedung PN Blangpidie diwacanakan akan selesai hingga 210 hari ke depan, menelan anggaran sebesar Rp. 36.362.793.000 bersumber dari APBN tahun 2021. Total tersebut di luar dari anggaran sarana lingkungan.

Gedung Pengadilan ini dibangun di atas tanah hibah Pemkab Abdya seluas 2500 meter tepatnya di samping Mapolres dan Kejaksaan, berdekatan dengan kantor Satpol PP, BKPSDM serta gedung DPRK Abdya.

Share:
Komentar

Berita Terkini