Dandim Abdya Minta Peran Ormas Sejalan Dengan TNI Polri

Laporan: Heri Purwanto author photo


 

Abdya, Acehpress | Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo berharap keberadaan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang ada di wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat serta daerah sesuai dengan peran dan fungsi Ormas.

Harapan ini disampaikan Dandim saat mengisi materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) pada acara Penguatan Kapasitas Organisasi Kemasyarakatan digelar oleh Kesbangpol Abdya di salah satu hotel di kawasan Blangpidie, Kamis (3/6).

Dandim menyebutkan harapannya itu mengacu pada penjelasan Undang-undang nomor 17 tahun 2013 Bab (3) pasal (5) bahwa tujuan dari pada Ormas yaitu melestarikan dan memelihara norma, nilai, moral, etika dan budaya kehidupan di masyarakat.

Masih dalam pasal itu Dandim menguraikan, tujuan keberadaan Ormas juga berperan memberikan pelayanan kepada masyarakat, Meningkatkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat, Menjaga nilai agama dan kepercayaan terhadap Tuhan YME, Melestarikan SDA dan lingkungan hidup, Mengembangkan kesetiakawanan sosial dan gotong royong dan toleransi, Serta menjaga memelihara dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa sehingga mewujudkan tujuan Negara.

"Harapannya Ormas yang ada di Abdya ini bisa menjadi organisasi nirlaba yang demokratis, profesional, mandiri, transparan dan akuntabel," tegasnya.

Lanjutnya Dandim meluaskan harapannya tersebut dengan materi Wawasan Kebangsaan bertajuk, Peran TNI Bersama Ormas Dalam Menjaga Perdamaian Aceh dalam Wawasan Kebangsaan.

"Dengan kata lain, saya minta keberadaan Ormas ini sejalan dengan TNI Polri. Visi misi Ormas harus selalu berlandaskan pada UUD 1945 dan Pancasila," tandas Dandim.

Mengamini hal itu Wakil Ketua DPRA Safarudin, S.Sos, M.S.P. dalam materinya menyinggung terkait Peran Serta Pemerintah Daerah Terhadap Pemberdayaan Ormas. Menurutnya untuk mewujudkan peran Ormas sesuai dengan tujuan Undang-undang perlu adanya peningkatan SDM dari para anggota Ormas. Dihadapkan dengan tantangan global yang berkembang saat ini Ormas juga berperan mempertahanakan Kebinekaan masyarakat dengan tetap menjunjung tinggi ideologi Pancasila.

"Maka dari itu penguatan kapasitas Ormas ini tidak bisa lepas dari peran serta Pemerintah dan dukungan dari semua komponen," tandasnya.

Pantauan, turut hadir Sekretaris Kesbangpol Provinsi Aceh Masrimin, S.Sos, MM, beserta sejumlah pejabat terkait tingkat Provinsi, Sekretaris Kesbangpol Abdya Yusli Amraina, SH, perwakilan anggota Dewan, sejumlah anggota Ormas dan masyarakat dalam Kabupaten Abdya.

Share:
Komentar

Berita Terkini