Pasiter Kodim Abdya: Ekonomi Daerah Kuat Karena Ketahanan Pangan

Laporan: Heri Purwanto author photo



Abdya, Acehpress | Sebagian lahan sawah di wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dalam waktu dekat bakal menghadapi kegiatan panen padi menyusul suburnya fase generatif padi di wilayah itu.

Salah satu petani, Abu Bakar (43) asal Desa Kuta Tinggi Kecamatan Blangpidie mengungkapkan, perkiraan hasil panen padi kali ini bakal kembali melimpah. Perkiraannya tersebut berdasar karena perkembangan padi miliknya yang kini tengah fase berbuah tumbuh dengan subur.

"Insya Allah bila tidak ada gangguan, taksiran panen nanti kami akan kembali senang," ungkap Abu Bakar kepada media ini di Blangpidie, Senin (28/6).

Ia mengungkapkan, keberhasilannya itu tidak terlepas dari peran serta Babinsa. Secara intens TNI dari jajaran Kodim 0110/Abdya mendampingi petani mulai dari pengolahan lahan, penyiapan bibit, penanaman, bahkan sama-sama turun ke sawah bantu petani penyemprotan padi.

Menanggapi hal itu, terpisah Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo melalui Pelaksana harian (Plh). Danramil 01/Blangpidie Serma Indra Mustafa mengatakan, pendampingan pertanian yang dilakukan oleh pihaknya merupakan bentuk upaya dalam mendukung program pemerintah swasembada pangan. Output dari kesemuanya adalah semata untuk membantu meningkatkan taraf ekonomi petani.

Menurutnya, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, sektor pertanian adalah satu-satunya lini ekonomi yang mampu bertahan dan terus difokuskan pengembangan kekuatannya oleh pemerintah, melalui andil dari TNI.

"Dampak pandemi corona telah berimbas ke semua sektor. Tidak sedikit wilayah yang mengecilkan pertanian, hampir kolep perekonomiannya. Alhamdulillah untuk wilayah Abdya itu tidak terjadi, dan terbukti hingga sekarang ekonomi Abdya bisa dikatakan tetap stabil. Ini semua karena kekuatan dari ketahanan pangan," tandasnya.


Share:
Komentar

Berita Terkini