Pekan Ini Petani Desa Lhang Abdya Kembali Tanam Padi

Laporan: Heri Purwanto author photo
Matangkan persiapan tanam padi, Babinsa cek usia dan kondisi benih


Abdya, Acehpress |
Para petani di wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) khususnya di Desa Lhang Kecamatan Setia pada pekan ini bakal melakukan tanam padi serentak.

Untuk mendukung agenda tersebut, para petani setempat dibantu pendamping dari Babinsa, PPL dan pihak terkait telah mematangkan sejumlah persiapan.

Kepada pewarta, Minggu (6/6), Ketua Kelompok Tani Desa Lhang Abbas mengungkapkan penanaman padi di wilayahnya kemungkinan bakal dimulai pada hari Senin (7/6) besok.

Ia menyebutkan, kesepakatan itu telah diamini oleh perangkat terkait. Bahkan dalam saban waktu Babinsa di wilayahnya dari satuan Pos Ramil 08/Setia Kodim 0110/Abdya secara intens turun langsung ke sawah untuk mengecek usia dan kondisi benih padi.

"Hampir tiap hari pak Darwanto (Babinsa) datang kemari, mengecek air, benih dan sawah. Ia bilang ke saya ini sudah bisa ditanam," ujarnya.

Terpisah, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo melalui Danpos Ramil Setia Peltu Zainun dalam komfirmasinya membenarkan perihal tersebut. Ia menyebutkan pasca panen lalu pihaknya langsung mendorong para petani agar kembali sambung olah sawah. 

Dalam upayanya itu, Kata Zainun, para Babinsa juga terlibat aktif membantu para petani mulai dari penyiapan bibit, hingga pembajakan. Kendala yang ditemui para petani pun sekecil mungkin langsung dipecahkan melalui koordinasi yang baik dengan pihak terkait. 

"Semua upaya khusus ini kami lakukan semata untuk membantu meningkatkan ekonomi petani, sekaligus untuk mendukung program pemerintah swasembada pangan," singkatnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini