Selaraskan Tujuan Ekonomi dan Lingkungan, Babinsa di Abdya Rutin Kontrol Peternakan

Laporan: Heri Purwanto author photo
Babinsa dari Pos Ramil Lembah Sabil kontrol pengelolaan peternakan ayam di wilayah tugasnya



Abdya, Acehpress | Babinsa Pos Ramil 09/Lembah Sabil Kodim 0110/Abdya Koptu Murni Surya mengunjungi peternakan ayam petelur di wilayah binaan, Desa Ujung Tanoh Kecamatan Lembah Sabil, Kamis (17/6).

Kunjungan Babinsa pada pukul 11.30 itu disambut langsung oleh pelaku usaha, Kaizir (58).

Dalam obrolannya, sembari membantu mengutipin telur-telur, Babinsa mengpresiasi kemandirian usaha Khaizir. Menurutnya, di masa pandemi seperti sekarang ini, kemandirian usaha warga di segala bidang itu harus didukung dan ditingkatkan.

Ia berujar, keberadaanya tidak hanya sebagai sumber lapangan kerja baru, namun juga bisa membantu menopang sumber ketahanan pangan daerah, salah satu di antaranya daging dan telur.

Terpisah Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo melalui Danpos Ramil 09/Lembah Sabil Serma Hesvia Dharma Putra menyebutkan, hasil peternakan ayam petelur yang ada di wilayahnya itu tidak hanya mengisi kebutuhan pangan di dalam daerah saja, namun juga telah mampu menyuplai ke luar daerah.

"Telur ayam dari Abdya salah satunya dari Lembah Sabil ini, sudah cukup populer. Alhamdulillah untuk daerah (Abdya) kita ini, soal kebutuhan pangan daging dan telur itu tidak terlalu sulit jika dibanding dengan daerah lain," ungkap Danpos Ramil.

Ia melanjutkan, untuk mendukung kelanggengan usaha mandiri warganya ini, pihaknya secara rutin melakukan kontroling mulai dari berkas perizinan hingga ke soal teknis pengelolaan limbah.

"Secara rutin tetap kita kontrol agar keberadaanya ini tidak bersinggungan dengan lingkungan, sehingga kegiatan ekonomi warga ini benar-benar bermaslahat untuk orang banyak," tandasnya.


Share:
Komentar

Berita Terkini