Hadir di Sawah, Babinsa Bagi Solusi Pertanian

Laporan: Heri Purwanto author photo

 


Abdya, Acehpress-Babinsa Koramil 04/Susoh Kecamatan Susoh Serda  Muhajirin melaksanakan Komunikasi Sosial ( Komsos) dengan para petani untuk memberikan motivasi, pendampingan, kepada para petani Dalam Pengelolaan lahan , pemberantasan hama, dan pemilihan obat-obatan di desa binaannya. pada Jumat (9/7/2021).

Serda  Muhajirin saat mendampingi para petani mengatakan, "Pihaknya akan terus membantu dan memantau petani di desa binaannya.

Hal ini dilakukan sebagai wujud nyata TNI khususnya Babinsa dalam mewujudkan swasembada pangan dan pencapaian target realisasi hasil panen petani yang diharapkan meningkat demi kemakmuran masyarakat.

Seperti saat ini Pak Babinsa ikut terjun ke Sawah milik Bapak Darlis membantu dan Petani lainnya untuk pendampingan pemberantasan hama di sawah.

 “Alhamdulillah kami sebagai petani di desa ini sangat terbantu sekali dengan kehadiran pak Babinsa disela sela kesibukan kami sehari hari, Pak Babinsa selalu hadir dengan raut wajah penuh canda dan riang, sudah banyak membantu bahkan memberi moril bagi kami sehingga dengan cara tidak langsung menambah semangat kerja kami,”ujar pak Darlis.

Babinsa pun menghimbau kepada para petani agar tetap semangat dan berkordinasi dengan petani petani lainnya dan juga PPL dalama bekerja, sehingga target produksi gabah padi  mampu dicapai dan memuaskan.

 "Kami juga sudah berkoordinasi dengan aparatur gampong yaitu Kecik agar memperhatikan juga petani di desa kita ini, seperti halnya ada Dana Desa dimana sebagian persen dari dana desa tersebut bisa dialokasikan untuk untuk  program non pisik, salah satunya menganggarkan untuk pembelian pupuk, bibit dan obat-obatan semua ini untuk meringankan beban para petani di desa binaaanya, Alhamdulillah ini sudah mulai berjalan", tandasnya. (Pendim Abdya/Dis)*

 

 

 

 

 

 

 

Dongkrak Ekonomi di Masa Pandemi, Babinsa Bantu Petani  Rawat Sayuran

 

Abdya- Bintara Pembina Desa Koramil 01/Blangpidie Kopda Ikhsan melaksanakan Hanpangan  di wilayah binaan yang terletak tepatnya di Desa Cot Jirat milik Pak Yusran (55) di Kecamatan Blangpidie, Jumat (9/7/2021).

Dalam kesempatan tersebut Kopda  Ikhsan melakukan pendampingan perawatan tanaman Sawi berlangsung di lahan seluas setengah Hektar, Selain perawatan rutin, pada kesempatan tersebut juga dilakukan pemupukan dan pembasmian dari hama , untuk komposisinya disesuaikan dengan yang dianjurkan Petugas Penyuluh Lapangan,” terangnya.

Masih tutur Babinsa, perawatan tananam sawi ini sangatlah penting guna meningkatkan hasil produksi Sayuran khususnya.  Namun untuk mencapai hasil panen maksimal tentunya para petani harus bekerja keras dalam merawat tanaman  hingga masa panen tiba.

Sementara, PLH Danramil 01/ Blangpidie Serma Indra Mustafa mengungkapkan," para Babinsa selalu proaktif dalam melakukan pendampingan kepada petani di wilayah binaan masing-masing, baik saat persiapan pengolahan lahan, masa tanam, masa perawatan hingga panen tiba.

Masih katanya kegiatan pendampingan yang dilakukan Kopda Ikhsan  yang terjun langsung ke lahan mendampingi perawatan dan pemupukan tanaman sawi milik petani, merupakan bagian upaya khusus pendampingan ketahanan pangan.

 “Mudah-mudahan dengan perawatan dan pemupukan yang teratur ini, tanaman sayur akan tumbuh subur serta tidak diserang hama sehingga menghasilkan panen sesuai dengan yang diharapkan oleh para petani,” harapnya. (Pendim Abdya/Dis)*

 

 

Share:
Komentar

Berita Terkini