TNI di Abdya Geliatkan Semangat UMKM

Laporan: Heri Purwanto author photo



Abdya, Acehpress- Jajaran Babinsa Kodim 0110/Abdya yang tersebar di 9 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) rutin melakukan kunjungan ke sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Diketahui kegiatan ini sengaja ditunaikan Babinsa untuk membangkitkan kembali geliat ekonomi warga di masa pandemi yang telah berlansung sejak awal Maret 2020 lalu.

Terpisah Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo melalui Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Inf Mohd Arifin membenarkan kegiatan tersebut. Ia mengatakan, selain fokus pada sektor pertanian, pihaknya melalui para Babinsa telah mengungkit kembali semangat para warga mengembangkan aneka usaha ekonomi mandiri.

Ia mengkalim hasil home industri wilayah Abdya tidak kalah berkualitas dengan daerah lain. Itu artinya warga wilayah yang terkenal dengan sebutan Bumoe Padi Sigupai pada hakikatnya memilik ragam potensi.

“Cukup banyak hasil dari Abdya. Orang luar mengenal Abdya tidak hanya dari hasil padinya saja, mereka juga mengenal berbagai produk Abdya lainnya.” Ujarnya.

Di antara produk tersebut, urai Pasite, yaitu minyak dan sirup pala, tikar, batu putih, pandai besi, perahu, ikan teri dan bahan material beton seperti batako, papling blok dan gorong-gorong.

Melihat Potensi tersebut, kata Pasiter, Pemerintah Daerah melalui instansi terkait  bersama dengan pihaknya mendukung penuh kemajuan UMKM dengan digulirkannya berbagai bantuan serta kebijakan.

“Dukungan ini harus kita sampaikan pada warga, dan juga kita antar pelaksanaannya. Kita berharap UMKM di Abdya ini semakin maju dan meningkat,” tandasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini