Antisipasi Petani Rugi Telak, Kodim Abdya Kembangkan Pola Tanam Tumpang Sari

Laporan: Heri Purwanto author photo

Babinsa Kodim Abdya terapkkan pola tanam tumpang sari


Abdya, Acehpress- Jajaran Babinsa Kodim 0110/Abdya yang tersebar di sembilan kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terus menargetkan keinakan produksi pangan padi, jagung dan kedele salah satunya dengan menggalakan penanaman tumpang sari di pesawahan. 

Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo melalui Perwira Seksi Teritorial Kapten Inf Mohd Arifin mengatakan dalam upaya menguatkan ketahanan pangan yang berorientasi pada peningkatan ekonomi petani pihaknya telah melakukan berbagai terobosan pertanian. 

"Salah satu upaya ini, kita telah mengembangkan pola tanam tumpang sari. InsyaAllah untuk yang kali keduanya ini petani akan kembali doble untung," tegasnya. 

Menurut Pasiter, pola tanam tumpang sari sangat efektif, karena pelaksanaannya tidak memerlukan luas lahan. 

Pola tanam tumpang sari juga bisa menjadi salah satu mitigasi bagi petani dalam menghadapi resiko gagal panen.  Ia menyebutkan jika padi terserah hama dan gagal panen, maka masih ada harapan penyangga yaitu tanaman tumpang sari. 

Di samping itu tanaman tumpang sari juga efektif bisa dijadikan sebagai refugia populasi hama padi salah satunya yaitu hama wereng. 

"Terobosan Ini kita kembangkan di masing-masing desa. Agar mana kala harga padi turun atau gagal panen, petani kita tidak rugi telak, karena masih ada penyangga lain, yaitu hasil panen dari tumpang sari," tandasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini